Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis gelar Kegiatan Intervensi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jumat (22/4/2022) lalu.

Acara berlangsung meriah dan mendapat respon positif dari masyarakat. Dengan terdiri dari orang tua dan anak perwakilan dari warga Desa Margaluyu, Kelurahan Ciamis, Desa Sukamulya, Desa Sindangmukti.

Sebanyak dua puluh orang, mereka terlihat antusias mengikuti kegiatan.

Pada kesempatan ini, narasumber dari STIKes Muhammadiyah Ciamis, Henri Setiawan mengatakan program ini terbukti memberikan dampak yang signifikan.

“Evaluasi menunjukkan perubahan model interaksi setelah dilakukan 3 sesi berjalan. Pada konteks keluarga, terutama antara ibu dan anak,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, anak lebih terbuka dan lebih banyak mengikuti perintah orang tua, serta lebih taat pada norma yang berlaku di keluarga, maupun di masyarakat.

“Kalau orang tua, khususnya para ibu mengaku mampu mengendalikan diri, dan lebih bersabar. Mengatur emosi dan bersifat terbuka terhadap permasalahan keluarga,” ujarnya.

Menurut Henri, sejumlah perubahan positif ini tentu sangat menggembirakan. Ke depan, program ini bisa terus berlanjut ke desa lain.

“Nantinya, instrumen pengelolaan intervensi sudah sangat lengkap. Sasaran juga ditambah. Tidak hanya untuk kelompok usia SMP saja. Tetapi pada usia remaja akhir atau SMA, bisa dikembangkan,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Intervensi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba sesi ke-3 ini ditutup dengan game antara ibu dan anak.

“Game ini mengajak mereka mengungkapkan melalui tulisan. Terkait adanya perubahan perilaku positif. Tentunya dalam hubungan keluarga yang semakin erat dan harmonis,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaCiamis Masih Menjadi Peserta BUBOS 6 Terbanyak se Jabar 2022
Artikel berikutnyaJadwal Imsak dan Shalat Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Minggu 24 April 2022 – 22 Ramadan 1443 H