Prakiraan hembusan angin. (dok. BMKG)

Bandung, PasundanNews – Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ektrem yang melanda hampir semua wilayah di Jawa Barat.

Dalam rilis laporan mingguannya (9-15 Februari 2021), BMKG menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es dan lainnya.

Beberapa dampak dari cuaca ekstrem tersebut bisa menimbulkan banjir hingga banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Dalam rilis tersebut, BMKG mengatakan bahwa cuaca ekstrem tersebut disebabkan aktivitas angin Munson Asia yang signifikan hingga beberapa hari kedepan. Sehingga pembentukan awan hujan secara umum masih signifikan.

Meski demikian, pada 10-14 Februari 2021 diprakirakan intensitas suplai massa udara dari Asia akan menurun.

Sehingga, diprakirakan pada pada kisaran waktu tersebut potensi dengan intensitas tinggi di Pulau Jawa bagian barat cenderung akan terjadi pada siang hingga malam hari.

Pada 15 Februari 2021, intensitas pergerakan massa udara akan kembali meningkat, sehingga potensi hujan di Pulau Jawa akan meningkat kembali.

 

Artikulli paraprakAa Umbara Restui Ahmad Soleh Kembali Pimpin Apdesi Bandung Barat
Artikulli tjetërKNPI Filantropis, Langkah Baru Kembalikan Kejayaan Pemuda