Pelatihan Kepemimpinan Kepala Desa Kabupaten Ciamis. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Berikan arahan kepada 78 orang Kepala Desa terpilih tahun 2022 se Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya titipkan pesan bahwa pemimpin harus visioner.

Hal tersebut disampaikan saat Bupati Ciamis memberikan materi dalam kegiatan yang berlangsung di Aula BKPSDM Ciamis, Rabu (1/6/2022).

Ia memaparkan bahwa visi misi kepala desa dengan visi misi Kabupaten harus senantiasa Sinergis. Sehingga tidak berbeda arah dalam mencapai suatu tujuan.

“Bapak ibu harus punya cita-cita dan keinginan. Terkait bagaimana membawa masyarakat enam tahun kedepan. Inilah kenapa pemimpin harus visioner,” terangnya.

Gagasan Kepemimpinan Hebat atau Great Leader

Selain itu, Herdiat juga berharap besar agar para Kepala Desa di Kabupaten Ciamis dapat menjadi sosok Great Leader (Pemimpin Hebat) bagi masyarakatnya.

“Bapak ibu sebagai leader di Desa akan menjadi contoh dan panutan bagi masyarakatnya. Oleh karena itu jadilah panutan yang baik dan jadilah Great Leader bagi masyarakat,” ucapnya.

Herdiat pun menjelaskan untuk menjadi seorang pemimpin yang Great Leader Kepala Desa harus memiliki 6 sifat utama, yaitu pertama harus taat beribadah dan kedua harus visioner.

Selanjutnya ketiga seorang great leader tidak pernah menyerah, keempat mampu menjadi tauladan. Lalu kelima mempunyai semangat juang yang tinggi dan terakhir keenam rela berkorban.

“Kades harus taat beribadah dan berdo’a. Minimal selalu berjamaah dalam melaksanakan shalat,” ucapnya.

Meski begitu, tambahnya, menyadari bahwa saat ini sedang berada di fase keterbatasan dan kekurangan akibat adanya pandemi Covid-19.

Namun begitu beliau yakin dengan kerja keras semua pihak baik pemerintah Desa maupun pemerintah Daerah. Apa yang telah dicita-citakan akan menjadi terwujud.

“Saat ini kondisi sedang sulit, namun kita tetap harus optimis, jika kita kita dapat bekerjasama dan mampu menggerakan masyarakat,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKijang Liar Tersesat Masuk ke SDN 5 Maleber Ciamis, Diduga Berasal dari Habitat Gunung Sawal
Artikulli tjetërSebanyak 508 Orang Calon Haji asal Ciamis, Ini Jadwal Keberangkatannya