Press release Bawaslu terkait Publikasi dan Dokumentasi pada tahapan Pemilu tahun 2024 di aula Bawaslu, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Bawaslu Kota Banjar menggelar Press Release Terkait Publikasi dan Pengawasan Pemilu 2024 di aula Bawaslu Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan transparansi dan integritas proses pemilu, dengan fokus pada pemahaman hukum dan pencegahan partisipasi masyarakat yang tidak sesuai aturan.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar melalui Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat, Wahidan, menegaskan komitmen Bawaslu Kota Banjar dalam memastikan penyelenggaraan yang adil dan bersih.

“Kami siap menjaga proses demokrasi agar berjalan sesuai regulasi, menjunjung tinggi nilai integritas, dan melibatkan masyarakat secara positif,” ujar Wahidan didampingi Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Banjar, Rahmat Barkah.

Wahidan menjelaskan, publikasi dan dokumentasi pada tahapan pemilu berperan penting dalam memastikan kelancaran dan keadilan selama proses pemilihan umum.

Dengan menyediakan informasi yang transparan, akurat, dan terkini, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi publik yang lebih baik.

“Press release ini menjadi saluran utama untuk menyampaikan berbagai tahapan pemilu kepada masyarakat, menggambarkan detail proses mulai dari pendaftaran kandidat hingga penghitungan suara,” kata Wahidan.

Wahidan menambahkan, pentingnya kegiatan ini tidak hanya terletak pada penyampaian informasi faktual, melainkan juga pada peningkatan pemahaman publik terhadap keseluruhan proses pemilu.

Dengan memberikan pandangan yang jelas terkait tahapan-tahapan yang telah dilalui, pemerintah berupaya membuka pintu partisipasi aktif warga negara dalam mengawal dan mendukung pelaksanaan pemilihan.

“Transparansi dalam dokumentasi tersebut dapat menghindarkan munculnya spekulasi atau ketidakjelasan yang dapat merugikan integritas proses demokratis,” jelasnya.

Selain itu, harapannya dari press release ini adalah membangun dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap integritas dan keadilan dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Secara keseluruhan, press release ini bukan hanya sekadar laporan, tetapi merupakan alat penting dalam menjalin komunikasi yang efektif antara pemerintah dan masyarakat.

Dengan merangkum dan menyajikan informasi dengan baik, pemerintah berharap dapat merangsang diskusi publik yang sehat, memupuk pemahaman yang lebih baik tentang proses pemilu, dan memperkuat fondasi demokrasi negara.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Wahidan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran mereka dalam mengawasi dan mendukung pemilu yang demokratis.

“Kami berharap partisipasi aktif masyarakat dapat menjadi pilar utama keberhasilan pemilu 2024,” pungkasnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGerakan Menanam 5 Ribu Pohon, Dandim 0625/Pangandaran dan Ketua Persit Ajak Lestarikan Lingkungan
Artikulli tjetërCaleg DPRD Kota Banjar, Emay Siti Muludjum Gelar Kampanye Tatap Muka di Cikabuyutan Barat