Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar, Jawa Barat, saat lounching Forum Warga Bawaslu Kota Banjar di aula Backyard, Sukarame, Kota Banjar, Rabu (10/7/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Forum Warga Bawaslu Kota Banjar dalam sebuah acara yang digelar di aula Backyard, Sukarame, Kota Banjar, Rabu (10/7/2024).

Acara ini mengusung tema “Meningkatkan Peran Pengawasan Partisipatif Masyarakat dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024”.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, mengatakan, tujuan forum ini untuk mengajak masyarakat lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilihan serentak tahun 2024.

“Kami sangat membutuhkan partisipasi warga untuk memastikan pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan transparan,” ujar Rudi.

Forum ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk pemantau pemilu dari Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), pegiat seni, dan perwakilan Mojang Jajaka Kota Banjar.

Kehadiran mereka diharapkan dapat memperkuat jaringan pengawasan di berbagai lapisan masyarakat.

Rudi juga menekankan pentingnya pengawasan partisipatif sebagai salah satu pilar demokrasi.

“Partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu bukan hanya hak, tetapi juga tanggung jawab. Dengan terlibat aktif, kita bisa mencegah terjadinya pelanggaran yang merugikan proses demokrasi,” tambahnya.

Selain memberikan pemahaman tentang pentingnya pengawasan partisipatif, acara ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang interaktif.

Peserta diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka terkait pengawasan pemilu.

Rudi berharap forum ini bisa menjadi wadah yang efektif bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga kualitas pemilu.

“Kami berharap forum ini dapat menjadi platform yang efektif untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilu,” pungkasnya

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakYayasan Ruang Baca Komunitas Kota Banjar Gelar Sosialisasi Program Menulis Cerita Rakyat
Artikulli tjetërH. Nana Suryana Adakan Kunjungan Silaturahmi ke Tim Inti di Lingkung Parungsari