Bank Sampah Induk Al Huda Ciamis mendapat penghargaan Reksa Prasada Jawa Barat tahun 2021. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinilai berhasil dalam pengelolaan sampah, Bank Sampah Induk Al Huda Ciamis mendapat penghargaan Reksa Prasada Jawa Barat 2021.

Bank Sampah yang terletak Dusun Tari Kolot, Desa Situmandala ini menerima penghargaan kategori Bank Sampah Induk Berbasis Masyarakat.

Manajer Teknis Bank Sampah Al Huda Ciamis, Rasdianto mengaku bangga atas penghargaan yang diraihnya. Ia juga tidak menyangka akan mendapat penghargaan dari Pemprov Jabar.

“Kami tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Tentunya kami sangat merasa senang dan bangga,” ucap Rasdianto, Senin (13/12/2021).

Penghargaan tersebut kata Rasdianto menjadi motivasi untuk terus mensosialisasikan bank sampah kepada masyarakat.

“Menambah semangat kami untuk terus semangat mensosialisasikan bank sampah kepada masyarakat desa dan Kecamatan serta unit-unit bank sampah Al Huda,” tuturnya.

Ia menerangkan, penghargaan tersebut hasil kerja keras semua lapisan masyarakat. Selain itu peran serta pemerintah setempat dalam mendukung bank sampah Al Huda.

Ia pun berharap dengan adanya penghargaan tersebut, pengelolaan Bank Sampah Al Huda bisa lebih baik dan terus berkembang.

“Karena kami juga menargetkan unit-unit yang ada luar kecamatan Rancah. Salah satunya unit Kabupaten Kuningan,” katanya.

Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Al Huda

Dalam pengelolaannya, setiap bulan Bank Sampah Al Huda menghasilkan 3 hingga 4 ton sampah.

“Setelah kami pilah sampahnya itu diambil oleh Bank Sampah Ciamis (BSC),” kata Rusdianto.

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah, pihaknya juga mendirikan bank sampah di sekolah PAUD/TK. Kemudian lembaga DTA dan Posyandu.

Bank Sampah Al Huda telah menyerap ratusan tenaga kerja dan membantu kesejahteraan masyarakat.

Bank Sampah Al Huda telah mempunyai 20 unit bank sampah. Masing-masing unit memiliki 8 orang pekerja.

Setiap pegawai yang mengelola bank sampah nantinya mendapatkan upah. Walaupun upahnya tidak besar namun bisa membantu perekonomian masyarakat.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno mengatakan saat ini terdapat 260 bank sampah tersebar 27 kecamatan.

Dari jumlah itu, yang mendapat peringkat terbaik dari Pemprov Jabar yaitu Bank Sampah Al Huda Kecamatan Rancah.

“Semoga penghargaan ini dapat memotivasi bank sampah lainnya untuk lebih semangat dalam mengelola persampahan,” ucapnya.

Artikulli paraprakPSGC vs Persikab, Berikut Statistik Kedua Tim Jelang Laga Lanjutan 8 Besar Liga 3
Artikulli tjetërSkor Imbang 2-2, Southampton Berhasil Mencuri Poin Atas Crystal Palace