Poto: Konevi dari Pixabay

Pasundannews.com – Bulan Ramadan umat muslim berpuasa selama satu bulan. Namun ketika melakukan ibadah puasa rajin-rajinlah membaca do’a. Karena terkadang ada saja gangguan bahkan cobaan yang bisa membatalkan puasa.

Tapi tenang ya..bagi Anda menjalankan ibadah puasa. Ada bahasa bahwa doanya orang yang berpuasa tidak akan di tolak oleh Allah. Adapun doa-doa yang baik di baca oleh mereka yang sedang berpuasa sebai berikut.

1. Doa orang yang berpuasa bila di ajak makan

Saat berpuasa, sering kali terdapat godaan di ajak makan. Nah, apabila kita mendapat undangan ajakan makan padahal sedang berpuasa, hendaklah mendoakannya.

Nabi bersabda dalam Hadis riwayat Muslim:

Iza du ‘iya ahadukum falyujib, fain kaana shoiman falyusholli wain kaana muf thiron falyath ‘am

“seseorang di antara kamu di undang (makan) hendaklah di penuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan.”

2. Doa tamu pada orang yang menghidangkan makanan/minuman

Nabi bersabda dalam Hadis riwayat muslim:

Allahumma adz’ima man adz’amnii wasqi man saqonii

“Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku.”

3. Doa bila berbuka di rumah orang

Bila Anda di jamu untuk berbuka di rumah seseorang, hendaklah Anda mendoakannya. Sabda Nabi dalam Hadis riwayat Abu Daud:

Iftaro ‘indakum shonimuna, wa akala tho ‘amakumul ‘abroru, wa shollast ‘alaikum

“Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakannya, agar kamu mendapat rahmat.”

4. Ucapan orang yang berpuasa bila di caci maki

Apabila Anda sedang berpuasa kemudian ada yang memancing kemarahan Anda, hendaknya mengucapkan kalimat berikut ini. Nabi bersabda dalam Hadis riwayat Bukhari:

Inni shoimun, inni shoimun

“Sesungguhnya aku sedang berpuasa, sesungguhnya aku sedang berpuasa.”

Artikulli paraprakUji Coba Sekolah Tatap Muka di Ciamis Berlangsung Dua Pekan, Mulai 19 April 2021
Artikulli tjetërJabar Provinsi Terbaik Pemberlakuan PPKM Mikro