DPC APDESI Kabupaten Ciamis menggelar Rakercab Tahun 2023. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dewan Pimpimam Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Ciamis menggelar Rakercab, Kamis (26/01/2023).

Rakercab atau rapat kerja cabang yang berlangsung di Aula Hotel Tyara Ciamis tersebut secara resmi di buka oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Kegiatan yang mengusung tema “APDESI Membangun Semangat Sinergitas, Mewujudkan Desa Mandiri, Sejahtera Untuk Semua” itu dihadiri oleh sebanyak 126 peserta.

Ketua APDESI Ciamis, Yoyo Wahyono mengatakan,
tujua Rakercab ini untuk merumuskan sejumlah program kerja organiasi.

“Dalam rakercab ini nanti kami akan membahas dan merumuskan sejumlah agenda atau program kerja internal yang ke depan akan lakukan,” ujarnya.

Yoyo menuturkan, APDESI telah mendorong para Kepala Desa untuk memunculkan ide, pemikiran dan gagasannya.

Dorongan tersebut lanjut Yoyo untuk kemajuan pemerintah desa yang demokratis maju, mandiri dan sejahtera.

“Tentunya juga agar sejalan dengan visi Kabupaten Ciamis yaitu mantapnya jemandirian ekonomi sejahtera untuk semua,” terangnya.

Yoyo mengungkapkan, capaian IDM (indeks desa mandiri) mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan komitmen Bupati Ciamis dalam majukan desa.

“Tahun 2022 kemarin, Kemendes menobatkan Ciamis dengan setatus Kabupaten Ciamis yang berkembang maju dan mandiri” paparnya.

Diketahui bahwa status desa mandiri Kabupaten Ciamis terus meningkat, pada Tahun 2021 tercatat 45 desa dan pada tahun 2022 naik secara signifikan menjadi 116 Desa.

“Pecapain tersebut merupakan pembuktian Pak Bupati Ciamis yang menyebutkan sejak tahun 2020 tidak ada lagi status desa tertinggal di Kabupaten Ciamis” ucapnya.

Baca Juga : IDM di Kabupaten Ciamis Lampaui Target, Sebanyak 116 Desa Berstatus Mandiri

Konsistensi Organisasi APDESI, Bekerjasama Membangun Desa 

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap APDESI yang terus konsisten bekerjasama dalam membangun desa.

“Atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terimakasih, atas kerjasamanya karena telah bahu membahu dalam membangun desa,” ucapnya.

Herdiat mengungkapkan, pada tahun 2022, Ciamis mendapat sebanyak 278 penghargaan dari berbagai kategori.

Penghargaan tersebut kata Herdiat, merupakan bukti nyata dari para kepala desa dalam bekerja dan melayani masyarakat.

“Itu membuktikan bahwa Bapa Ibu tidaklah diam, terus berupaya, berlari dalam melayani masyarakat,” Imbuh Bupati Herdiat.

Herdiat pun berpesan kepada para kepala desa agar manfaatkan forum Rakercab ini untuk membahas program organisasi yang berdampak pada kepentingan masyarakat.

“Untuk menghasilkan keputusan yang bermanfaat dan berguna bagi organisasi dan masyarakat Tatar Galuh Ciamis,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBina Peternak Ayam Petelur P2APC, Demokrat Ciamis Hadir untuk Rakyat
Artikulli tjetërMotor RX King Tergeletak di Kebun Sempat Gegerkan Warga di Desa Kepel, Ini Kata Kapolsek Cisaga