Beranda Bandung Raya Antisipasi Banjir, Warga KSB Leuwigajah Lakukan Pembersihan Drainasse

Antisipasi Banjir, Warga KSB Leuwigajah Lakukan Pembersihan Drainasse

CIMAHI, PASUNDANNEWS – Warga RW 03 beserta KSB Leuwigajah melaksanakan kerja bakti membersihkan drainasse di jalan Sadarmanah, Leuwigajah, Cimahi, Minggu (20/09).

Kepala Seksi Sarana Prasarana Kelurahan Leuwigajah, Dini Gusniar yang ikut terjun pada kegiatan tersebut mengatakan. “Ini (kerja bakti) harus terus dilakukan sebagai bagian dari memutus mata rantai COVID-19. Ya dimulai dari lingkungan tempat tinggal,” Jelas Dini.

Menurut Dini, pada saat pandemi seperti ini, kerja bakti di lingkungan masyarakat sangat diperlukan. Apalagi penanganan COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi saja, melainkan juga adanya keterlibatan dari warga.

Untuk itu, Dini ikut kerja bakti bersama warga sekaligus menyerap aspirasi warga. Salah satu aspirasi yang didapatkan Dini adalah banyak saluran air di wilayah RW 03 yang tidak terkoneksi satu sama lain. Akibatnya dijalan Sadarmanah sering dilanda banjir pada saat musim hujan.

Salah satunya saluran air yang ada di wilayah jalan Sadarmanah yang selama ini sering mampet lantaran adanya gunungan pasir yang menyumbat.

Dini mengatakan persoalan di warga ini tidak cukup juga dengan sosialisasi, melainkan juga perlu turun ke lapangan secara langsung.

“Seperti kondisi begini, ada penyumbatan saluran harus ditangani. Percuma kalau kerja bakti kalau salurannya mampet,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua KSB Leuwigajah Agus Rochendi mengatakan bahwa dia dengan anggotanya ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat RW 03 membersihkan aliran drainasse yang mampet.

“KSB bukan hanya membantu pada saat bencana tetapi kami siap membantu masyarakat dalam membersihkan lingkungannya”, beber Agus pada
Kegiatan KSB Leuwigajah tidak hanya sigap pada saat bencana, mereka pun melakukan kegiatan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya Covid 19.

“Masyarakat RW 03 menyambut baik kehadiran KSB, serta pihak kelurahan dilingkungan masyarakat yang sedang bergotong royong membersihkan drainasse dan gorong-gorong di wilayah kami,” ungkap Sahroni Ketua RW 03 Leuwigajah.

Dini pun mengapreasiasi kegiatan ini, dia berharap kerja bakti di wilayah Leuwigajah dapat terus dilaksanakan, selain demi kenyamanan lingkungan tempat tinggal, kerja bakti ini sebagai sarana silaturahmi dan komunikasi pihak kelurahan dengan warga.

“Cimahi saat ini menjadi zona merah, masyarakat harus selalu waspada dengan bahaya Covid 19, dengan selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan serta selalu menerapkan PHBS”, tutup Dini. (Red)