Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra S.I.K., M.H., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., saat menyampaikan arahan persiapan pengamanan Pilkades, Jum'at (18/12/2020) di Halaman Mapolres Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 143 Desa di Kabupaten Ciamis bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Sabtu (19/12) besok. Untuk kesiapan pengamanannya Polres Ciamis menggelar Apel Pergeseran Pasukan, di Mapolres Ciamis, Jum’at (18/12/2020).

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra S.I.K., M.H., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., dan para Perwira Polres Ciamis dan Kodim 0613/Ciamis.

Serta diikuti dari personel Polres Ciamis, Sat Brimob Polda Jabar, dan Kodim 0613/Ciamis, berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam amanatnya Kapolres Ciamis, Dony mengatakan, apel gelar pergeseran pasukan ini untuk mengecek kesiapan para pesonel keamanan, mulai dari sasaran hingga pola pengamanan dalam setiap tahapan pelaksanaan Pilkades di Ciamis.

“1.250 personel gabungan TNI-Polri siap diterjunkan. Target pengamanan kegiatan operasi yang sudah berjalan yang perlu kita jaga yaitu orang, barang atau bangunan, logistik dan pengamanan kegiatan saat pemungutan suara berlangsung,” ucapnya.

Sementara untuk pola pengamanan yang dilaksanakan, lanjut Dony yaitu pola sangat rawan, pola rawan dan pola kurang rawan yang ada di desa saat pelaksanaan pemilihan.

“Sehingga masing-masing personil harus mengetahuinya dan harus di mapingkan dari sekarang,” jelasnya.

Kapolres juga menekankan kepada personel segera bergeser ke lokasi TPS untuk mengenali wilayahnya, terutama harus mengenal para petugas yang ada di TPS.

“Lakukan pendekatan kepada para tokoh yang ada di lokasi dan harus menjaga netralitas, tidak ada kegiatan personil yang mengindikasikan mendukung salah satu calon,” tegasnya.

Kapolres juga meminta kepada para personel yang bertugas untuk selalu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan Covid-19.

Selain itu, Kapolres juga berpesan kepada personel untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan saat menjalankan tugas di lapangan.

“Tetap jaga kesehatan dan keselamatan. Tidak lupa menghimbau kepada warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penularan Covid-19” tandasnya.

Artikulli paraprakKemenkes Tegaskan Vaksin Corona Gratis untuk Rakyat Tak Terkait BPJS
Artikulli tjetërHUT Infanteri Ke 72, Pussenif Gelar Bakti Sosial Donor Darah