Haris Azhar
Aktivis HAM, Haris Azhar (Instagram)

PASUNDANNEWS – Deddy Corbuzier baru-baru ini mengundang praktisi hukum, Haris Azhar ke podcastnya. Ungkapan menarik muncul dari Haris Azhar saat berbincang terkait keributan warganet terkait kekerasan di Palestina-Israel.

Haris Azhar menyatakan warganet sering kali melihat kejahatan dan kekerasan seperti piala, yang bisa diterima oleh salah satu pihak saja.

“Ini salah Israel atau Hamas? Ya nggak begitu. Kita melihat pada konteks peristiwanya dan babakan-babakannya. Mungkin di jam 1 sampai 3, waktu Israel nyerangin ke Gaza, gebuk-gebukin, itu salahnya Israel. Jam 4 ke jam 5, bentuk pembalasannya Hamas itu juga mungkin salah,” kata Direktur Eksekutif Lokataru dalam Podcast Deddy Corbuzier.

Haris pun menekankan bahwa latar belakang konflik antara Palestina dan Israel bukan agama meskipun terdapat kejadian tertentu yang melibatkan agama.

“Dalam beberapa hal, ributnya Israel dan Palestina itu memang terkait agama, tetapi bukan motifnya, motifnya artinya latar belakangnya. Misalnya, Israel mau ngebunuhin orang Palestina karena kebenciannya pada Islam. Statement ini kayaknya nggak tepat. Kenapa? Karena di Palestina banyak orang yang non-Islam.” jelas Haris Azhar.

Sebagai aktivis HAM, Haris pun mengakui bahwa kedua belah pihak melakukan pelanggaran HAM. Haris mencontohkan krisis pada tahun 2008 yang serupa dengan krisis yang terjadi tahun ini.

Saat itu, tim investigasi dari PBB menemukan bahwa kedua belah pihak melakukan pelanggaran HAM. Hal tersebut, lantaran adanya serangan oleh Israel dan Hamas yang ditargetkan kepada warga sipil

“Israel melakukan pelanggaran HAM, Hamas waktu melakukan pembalasan juga melakukan pelanggaran HAM,” pungkas Haris Azhar.

Haris pun menutup perbincangan di Podcast Deddy Corbuzier bersama Tretan dan Coki dengan pesan untuk tidak menggeneralisasi insiden-insiden yang melibatkan Palestina dan Israel.

(Sanjaya)

Artikulli paraprak2 Desa di Ciamis Zona Merah, Tak Bisa Gelar PTM
Artikulli tjetërWarung Surabi di Gegerkalong Dilalap Si Jago Merah