Plt Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Giyatno. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 68 ton sampah di Kabupaten Ciamis Jawa Barat terkumpul dan terkelola saat aksi World Clean Up Day (WCD) 2021.

Sampah yang terkumpul antara lain, anorganik sebanyak 26.997kg, organik 28.377kg dan sampah residu sebanyak 13.251kg terhitung mulai tanggal 12 – 24 September 2021.

Plt Sekretaris Dinas PRKPLH Ciamis, Giyatno mengatakan, aksi tersebut diikuti oleh 49.376 relawan dari 27 Kecamatan pada tanggal 18 September 2021.

Tema dalam acara tersebut yaitu ‘Bijak Kelola Sampah’. Giyatno menyebutkan saat aksi WCD banyak dari kaum milenial ikut serta melakukan aksi bersih-bersih.

Sedangkan untuk penggerak di desa yakni dari Karang Taruna. Ia pun bersyukur dalam WCD tahun sekarang aksi bersih-bersih banyak diikuti oleh masyarakat.

“Masyarakat Ciamis sangat antusias mengikuti aksi ini, mulai dari anak-anak, pemuda dan orang tua,” ujar Giyatno, Rabu (29/9/2021).

Giyatno menjelaskan bahwa WCD merupakan gerakan sosial bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam hal kebersihan.

“Memiliki kesadaran akan kebersihan, menjaga dan juga memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Giyatno, memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa menanggulangi masalah sampah dapat dengan cara memilah sampah dari rumah.

Mengajak masyarakat untuk memilah sampah mulai dari rumah, meningkatkan bank sampah agar sampah itu terkelola degan baik.

“Agar sampah menjadi bahan baku daur ulang yang mandiri, tidak impor lagi,” kata Giyatno.

Giyatno pun mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan sampah sebagai sesuatu yang dapat meningkatkan nilai ekonomi sirkular.

“Dukungan dari semua pihak tentu sangat kami butuhkan, agar sampah di Kabupaten Ciamis dapat terkelola dengan baik” jelasnya.

Artikulli paraprakHUT TNI ke-76, Bupati Ciamis Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Imbanagara
Artikulli tjetërAksi World Clean Up Day 2021, Relawan Lintas Komunitas di Cisaga Santuni Anak Yatim