Beranda Ciamis Agun Gunandjar Sudarsa: UMKM dan Ekonomi Rakyat bisa Tangkal Resesi Nasional

Agun Gunandjar Sudarsa: UMKM dan Ekonomi Rakyat bisa Tangkal Resesi Nasional

BERBAGI
Istimewa

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dampak akibat Pandemi Covid-19 saat ini bisa mangancam stabilitas ekonomi, sosial, bahkan politik. Bahkan, ekonomi nasional juga bisa terancam resesi jika negara tidak mampu mengelola ekonomi negara dengan baik dan benar.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh, Anggota MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc. IP.,M.Si, dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Kabupaten Ciamis, Sabtu (5/9/2020)

“Jika resesi ekonomi terjadi, dimungkinkan berdampak terhadap kolapnya ekonomi negara, dan perusahaan-perusahaan swasta besar,” kata Agun.

Menurutnya, apabila ekonomi rakyat yang berbasis UMKM dapat berjalan dengan lancar. Kemungkinan, akan ada sedikit berpengaruh terhadap stabilitas perekonomian saat ini.

“Roda perekonomian negara mayoritas ditopang oleh stabilitas kemandirian ekonomi kerakyatan berbasis UMKM. Jadi, dimasa pandemi saat ini UMKM harus terus berjalan,” tuturnya.

Agun mengungkapkan, sangat penting bagi pemerintah untuk memberikan dukungan penuh terhadap jalanya roda ekonomi kerakyatan atau UMKM ini. Setidaknya dapat meminimalisir, menangkal dan menghindarkan rakyat dari dampak resesi dan mencegah dari krisis ekonomi yang lebih besar.

“Lebih jauh, keberpihakan pemerintah terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM -bukan hanya mencegah krisis ekonomi, namun juga sebagai bentuk nyata pengamalan nilai pancasila dan UUD RI 1945 pasal 33 dan 34,” pungkasnya. (Redaksi/Pasundannews.com)

BERBAGI