foto/Instagram garudamupuk_official

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis, yang kaya akan potensi alam dan pertanian, kembali memperkenalkan destinasi wisata yang menarik perhatian, salah satunya yaitu Agro Edu Wisata Garuda Mupuk.

Mengutip akun Instagram @garudamupul_official, Jumat (17/5/2024) wisata tersebut terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg.

Tempat ini menawarkan pengalaman yang menyegarkan bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan ingin mengeksplorasi keindahan alam dan pertanian.

Dibuka sejak akhir tahun 2020 oleh Kelompok Tani Harapan Laksana 3 Desa Sukamulya, Agro Edu Wisata Garuda Mupuk masih dalam tahap pengembangan.

Namun telah mampu menarik minat para pengunjung dengan konsepnya yang unik dan menarik.

Dengan jarak sekitar 40 menit dari pusat perkotaan Ciamis, tempat ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Wisata Garuda Mupuk menawarkan kombinasi yang menarik antara liburan, edukasi, dan pertanian.

Dengan suasana lahan perkebunan yang menyejukkan, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan lahan pertanian yang memesona sepanjang perjalanan mereka.

Luasnya lahan sekitar 30 hektar ini dihiasi oleh sejumlah tanaman holtikultura dan tanaman pangan seperti cabai, jagung, pepaya, singkong, jambu, belimbing, dan alpukat.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam dan pertanian, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti toilet, musala, dan gazebo untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan yang luas.

Untuk anak-anak, tersedia pula wahana permainan seperti ayunan, jungkitan, dan perosotan, sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati waktu berkualitas di sini.

Belajar Pertanian di Agrowisata Garuda Mupuk

Bagi para pecinta swafoto, tempat ini juga menyediakan sejumlah spot foto menarik, seperti rumah pohon dan saung bambu, yang terletak di atas terasering lahan pertanian. Selain itu, terdapat juga tempat pertemuan untuk menggelar rapat atau kegiatan lainnya.

Menariknya, selain sebagai tempat rekreasi, Agro Edu Wisata Garuda Mupuk juga menawarkan edukasi, terutama untuk anak usia dini, tentang pentingnya pertanian.

Direktur Pengolahan Agro Edu Wisata Garuda Mupuk, Mad Khocis alias Krisna, menjelaskan bahwa di tempat ini juga akan disediakan lokasi untuk latihan bertani, dengan harapan dapat menumbuhkan minat generasi penerus terhadap dunia pertanian.

Fokus utama dari Agro Edu Wisata Garuda Mupuk adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal dengan menyediakan pendapatan tambahan.

Hasil panen dapat dinikmati tidak hanya sekali, tetapi setiap 3-4 bulan. Sementara itu, penghasilan bulanan dapat diperoleh melalui kegiatan wisata yang ditawarkan.

Dengan demikian, Agro Edu Wisata Garuda Mupuk telah membuktikan dirinya sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menyenangkan bagi pengunjung, tetapi juga memberikan nilai edukasi dan kontribusi positif bagi pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Ciamis.

Sebuah tempat yang wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburan Anda sambil menikmati keindahan alam dan mempelajari lebih dalam tentang pentingnya pertanian dalam kehidupan sehari-hari.

(Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAgrowisata Kebun Buah Naga di Ciamis, Rasakan Sensasi Memetik Sendiri Buah Naga dari Pohonnya
Artikulli tjetërNikmati Keindahan Alam di Situ Rancamaya Kabupaten Ciamis