Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat meraih penghargaan Anindhita Wistara Data Tahun 2024. Foto/Istimewa

BRITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, Jawa Barat meraih penghargaan Anindhita Wistara Data Tahun 2024.

Diketahui, penghargaan bergengsi di bidang statistik ini Pemkab Ciamis Raih untuk kedua kalinya.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian menyerahkan langsung penghargaan tersebut di Hotel Grand Mercure Jakarta, pada Kamis (26/09/2024).

Turut hadir pula Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, serta Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis, Tino Armyanto mewakili Pj Bupati menerima penghargaan tersebut.

Kabupaten Ciamis dinilai berhasil dalam penyelenggaraan statistik sektoral dengan nilai IPS atau Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,92.

“Makan, dengan nilai tersebut menempatkan Kabupaten Ciamis dalam kategori baik,” ujar Tino.

Tino pun mengaku bangga dan bersyukur atas capaian prestasi ini. Pihaknya juga akan trus berupaya untuk mengoptimalkan transformasi digital.

“Tentu ini merupakan kebanggaan bagi kami. Kami akan erus berbenah sesuai arahan pimpinan demi lancarnya transformasi digital. Hal ini juga sejalan dengan kebijakan nasional dan daerah,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Tino, penghargaan ini juga diharapkan dapat menjadi stimulus bagi peningkatan kinerja data sektoral, khususnya pelayanan publik.

“Penghargaan ini diharapkan bisa memotivasi kami dan semua pihak terkait lainnya agar bisa lebih meningkatkan lagi kinerja untuk melayani masyarakat (publik),” ucapnya.

Dengan penghargaan ini, Kabupaten Ciamis semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu daerah yang unggul dalam penerapan sistem statistik modern.

Diketahui, Penghargaan Anindhita Wistara Data merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada daerah.

Daerah yang berhasil mencapai standar tinggi dalam pengelolaan dan penyediaan data statistik yang andal dan transparan berhah menerima penghargaan tersebut.
(Hendri/PasundanNews.com)