Layar Smartphone Rusak
Layar Smarphone Rusak/Pixabay-Rudy and Peter Skitterians

PASUNDANNEWS – Meskipun telah muncul kualitas smartphone dengan layar anti pecah, tapi tidak semua orang dapat memilikinya karena harganya yang mahal.

Akibatnya banyak yang mengalami kerusakan pada layar ponsel baik karena terjatuh atau terlempar.

Dirangkum dari news18.com, Jumat (7/5/2021), beriku 5 cara untuk mengatasi layar smartphone yang rusak.

1. Tetap Tenang dan Hati-hati

Umumnya reaksi pertama saat kamu tahu layar smartphone di tanganmu retak adalah kecemasan dan kekesalan. Ketika hal itu terjadi, kamu jangan buru-buru menggerakan jari di atas layar, karena itu dapat menambah retak dan melukai jari kamu.

Kamu harus segera membungkus smartphone dengan kain sampai kamu temukan solusinya. Kamu juga bisa menutup layar yang pecah dengan selotip supaya keretakannya tidak bertambah.

2. Periksa Tingkat Kerusakan

Kadang-kadang bahkan celah terkecil pun membuat smartphone tidak berguna. Kamu harus mencoba dengan hati-hati untuk memeriksa semua elemen inti ponsel – kamera, tombol beranda, dan respons sentuhan layar setelah dampaknya.

Jika smartphone memiliki kaca temper di atasnya, lepaskan (gunakan tusuk gigi atau kartu plastik) dan cari kerusakan lebih lanjut, jika ada. Jangan berusaha terlalu keras jika layarnya tidak responsif.

3. Perbaiki DIY

Jika kamu cukup ahli, kamu dapat  dapat memesan atau membeli pengganti layar sesuai dengan model smartphone kamu. Memasang tutup fix-it-all, dan mengikuti petunjuk untuk mengganti layar –dengan hampir setengah dari biaya yang mungkin akan kamu keluarkan.

Jika kamu akan melakukannya untuk pertama kali, lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahlinya untuk mengetahui bagaimana melakukannya dengan benar.

4. Perbaikan

Sebagian besar penjual menawarkan perlindungan asuransi untuk handset baru. Jika ponsel masih dalam masa asuransi, kamu bisa berhemat untuk memperbaiknya.

Jika tidak, sebaiknya perbaiki dari toko restorasi / perbaikan resmi. Kamu bisa berencana untuk menggunakan model yang sama selama beberapa bulan atau tahun lebih, membeli polis asuransi tambahan atau memperpanjang yang sudah ada sangat membantu sehingga di masa mendatang.

5. Tukar atau Upgrade

Mari kita terima fakta bahwa smartphone kamu adalah generasi tua dan tidak semuanya yang tua adalah emas.

Jika layar ponsel kamu rusak dan tidak dapat diperbaiki atau biaya perbaikan terasa terlalu mahal untuk diinvestasikan untuk smartphone jadul, maka lebih bijaksana untuk melakukan kesepakatan pertukaran pada ponsel baru.

Banyak toko online maupun offline menerima smartphone lama dengan harga diskon atau mendapatkan uang kembali untuk pembelian baru.

(ndra)

Artikulli paraprakAliansi BEM Cianjur Segel Kantor Dinas Pendidikan
Artikulli tjetërKomisi V DPRD Jabar Kawal Keterbukaan Informasi Publik