Anggota Komisi II DPRD Lina Ruslinawati Jabar saat menemui petani di Cianjur (Poto: Humas DPRD Jabar)

CIANJUR, PASUNDANNEWS.COM – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Lina Ruslinawati mendorong adanya grand design pertanian berbasis tanaman lokal untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Lina mencontohkan, saat ini para petani kopi di Desa Sukadana Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur membutuhkan tanaman penyangga untuk melindungi tanaman kopi mereka.

Salah satu solusi tanaman penyangga tersebut adalah pohon picung, tanaman endemik Cianjur.

“Petani membutuhkan pohon tegakkan untuk melindungi kopinya, sementara di Cianjur ini ada tanaman endemik yakni pohon picung yang ternyata memiliki banyak fungsi dan bernilai ekonomis”, ujar Lina saat berkunjung ke petani di cianjur kamis, (25/2).

Lina menambahkan, pohon picung setelah diteliti memiliki banyak manfaat. Selain dapat mencegah erosi serta melindungi tanaman kopi para petani,  buah pohon picung ternyata dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan.

“Jadi selain dari tanaman inti yakni kopi, pendapatan petani juga terbantu dari tanaman pelindungnya yakni pucung”, jelas Lina.

Kedepan, Lina berharap berbagai tanaman endemik di Jawa Barat bisa digali untuk menjadi produk unggulan daerah yang dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Artikulli paraprakAnggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan Terus Berkomitmen Majukan Sektor Pertanian
Artikulli tjetërMahasiswa IKIP Siliwangi Cimahi Kunjungi Pemkab Ciamis Bahas Kegiatan Pengabdian Masyarakat