Amalan Gerhana Bulan
Amalan Gerhana Bulan (adege dari Pixabay)

PASUNDANNEWS – Fenomen langkah Gerhana Bulan  atau super blood moon akan terjadi pada hari ini, Rabu (26/5). Peristiwa ini akan berlangsung sekitar pukul 18.09-20.51 WIB.

Ada beberapa amalan yang di anjurkan untuk di kerjakan ketika terjadinya Gerhana Bulan.  Amalan tersebut tentu agar umat Islam dapat merengungi kekuasaan Allah.

Berikut enam amalan yang di anjurkan saat terjadi Gerhana.

1. Sholat gerhana

Shalat gerhana pada umumnya sama dengan shalat pada umumnya. Di lansir dari beberapa sumber, umat Islam akan melakukan shalat gerhana sehabis mengerjakan shalat magrib.

2. Memperbanyak zikir

Zikir adalah upaya mengingat Allah SWT yang kebesarannya di tunjukkan dalam peristiwa gerhana bulan. Selain gerhana, seorang muslim bisa melakukan zikir tiap saat.

3. Berdoa

Dalam hadist yang di ceritakan Abu Musa, muslim yang menyaksikan gerhana di ingatkan untuk mengingat Allah SWT. Hadist yang di riwayatkan Bukhari itu juga mengingatkan untuk berdoa dan mohon pengampunan.

4. Memperbanyak istighfar

Membaca istighfar bisa dilakukan tiap saat termasuk gerhana. Istighfar membantu muslim mengingat Allah SWT, kebesaranNya, dan keinginan mohon ampunan.

5. Taubat

Imam al-Ghazali dalam buku berjudul Al-Adab fid Din menyebutkan beberapa adab menyambut gerhana bulan. Yaitu: memiliki dan rasa takut, segera bertobat, tidak mudah bosan, segera melaksanakan sholat.

6. Memberi sedekah sedekah

Perintah bersedekah saat gerhana di ingatkan dalam hadist yang diceritakan Aisyah RA dan diriwayatkan Abu Daud. Perintah lainnya adalah segera berdoa, takbir, dan sholat.

(Nur)

Artikulli paraprakPerokok Kota Bandung Akan Didenda Rp500 Ribu di Area KTR
Artikulli tjetërDemam Berdarah, Gejala dan Langkah Pencegahannya