Istimewa

BERITA TASIKMALAYA, PASUNDANNEWS.COM – Setelah dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19, Bandara Wiriadinata akan segera dibuka kembali.

Berkaitan dengan itu, Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan rencananya dalam waktu dekat akan segera dibuka.

Mengingat mobilitas masyarakat dari dan ke Tasikmalaya, Jawa Barat yang sudah mulai menggeliat.

Sebagai informasi, pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 pasar penerbangan di Tasikmalaya cukup besar. Melalui bandara Wiriadinata ini.

Setidaknya jumlah penumpang tercatat mencapai 30.000 per tahunnya, pasalnya maskapai penerbangan Lions Air dan Garuda Indonesia dengan rute Halim-Tasikmalaya sempat menguasai wilayah lalu lintas udara Tasikmalaya kala itu.

“Seperti diketahui, Bandara Wiriadinata (Tasikmalaya) tak beroperasi selama dua tahun karena pandemi (Covid-19),” jelas Yusuf seperti melansir laman Kompas. Sabtu (23/4/2022).

Perluasan Perputaran Ekonomi

Yusuf pun mengaku surat permohonan pengoperasian kembali sudah diajukan. Utamanya pesawat komersil ke tiga maskapai besar di Indonesia.

Hal itu, demi mempercepat bergeraknya laju perekonomian masyarakat kembali. Khususnya di Tasikmalaya.

“Perlu didukung karena bisnis di Tasikmalaya ke kota-kota besar ini potensinya sangat tinggi. Dengan mobilitas moda transportasi darat dan udara,” ujarnya.

Yusuf menambahkan, transportasi darat sudah ada kereta api. Lalu kendaraan darat dan udara lewat Bandara Wiriadinata.

Yusuf pun sudah berkoordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan. Sehingga dapat membuka rute baru selain Tasikmalaya-Halim Perdanakusuma, Jakarta di bandara Wiriadinata.

“Salah satunya yaitu rute penerbangan Tasikmalaya-Yogyakarta. Lalu Tasikmalaya-Surabaya, karena untuk memperluas cakupan pebisnis. Wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya,” tutur Yusuf.

Ke depannya kalau sudah ramai, kita bisa ajukan rute langsung Tasikmalaya-Bali, Malaysia sampai Singapura.

“Pangsa pasar besar produk UMKM khas Tasikmalaya selama ini, yakni produksi baju muslim dan mukena, salah satunya,” ungkap Yusuf.

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu Bandara Wiriadinata Tasikmalaya sendiri bangunannnya kali pertama diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan operasi bandaranya sendiri sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya, dengan memakai bangunan Lapangan Udara Wiriadinata. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaMantan Wali Kota Banjar Segera Jalani Persidangan, Penyerahan Berkas Penyidikan Dinilai Sudah Lengkap
Artikel berikutnyaWaktu Shalat Tasbih dan Tata Cara Pelaksanaannya