Hari Pramuka Nasional 2022. Foto/Istimewa

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM – Tanggal 14 Agustus sering diperingati sebagai hari Pramuka Nasional.

Lantaran hari tersebut ialah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Sebagaimana mengutip laman Detik.com, Minggu (14/8/2022), Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Hari Pramuka yang ditetapkan pada tanggal 14 Agustus itu berdasarkan pada sejarah lahirnya gerakan kepramukaan di Indonesia.

Untuk diketahui, lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia itu berdasarkan adanya Kepanduan Nasional yang telah ada sejak 1923.

Namun, Gerakan Pramuka Indonesia mulai diresmikan pada 14 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno.

Mengutip dari laman Kemdikbud, Minggu (14/8/2022), berikut sejarah singkat lahirnya Hari Pramuka di Indonesia.

Pada 1923, gerakan kepanduan nasional mulanya ditandai dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung serta Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia.

Kemudian pada 1936, kedua gerakan itu melebur menjadi satu menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO).

Gerakan kepanduan nasional mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sampai pada akhirnya setelah masa kemerdekaan gerakan kepramukaan di Indonesia mulai diresmikan.

Pada 14 Agustus 1961 dilaksanakan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh.

Hal itu untuk meresmikan Gerakan Pramuka di Indonesia sekaligus diperkenalkan pula istilah Pramuka untuk pertama kalinya oleh Sultan Hamengkubuwono IX.

Peristiwa itu merupakan peristiwa sejarah lahirnya Hari Pramuka di Indonesia dan dikenal dengan nama Hari Pramuka atau Hari Pramuka Nasional. Kini setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional.
(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPSGC Ciamis Akan Hadapi Tim Papua di Bandung, Berikut 27 Penggawa Laskar Singacala
Artikel berikutnyaMulai Hari Ini, KC BSI Purwakarta Resmi Pindah Ke Jalan Veteran