Pj Bupati Ciamis, HM Engkus Sutisna menghadiri acara wisuda santri Ponpes (Pondok Pesantren) Darul Maarif Imbanagara. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ponpes (Pondok Pesantren) Darul Maarif atau Lembaga Pendidikan El Bass menggelar acara wisuda kelas XII.

Acara tersebut berlangsung pada Minggu (23/6/2024) di Desa Imbanagara, Ciamis menggelar acara wisuda kelas XII.

Dalam hal ini, Pj (Penjabat) Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna turut menghadiri acara pelepasan siswa kelas XII.

Ia turut mengapresiasi peran penting Ponpes Darul Maarif dalam mendukung misi pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam sambutannya, Engkus menekankan bahwa pendidikan dalam ajaran Islam tidak mengenal batas waktu.

Ia menganggap prinsip ‘long life education’ sebagai bagian integral dari sistem pendidikan yang berkelanjutan melalui pendidikan formal, non-formal dan informal.

“Darul Maarif telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan pendidikan di Ciamis, khususnya memperkuat nilai-nilai agama dan moral di masyarakat,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam keberlangsungan Ponpes Darul Maarif imbanagara.

Ia meyakini bahwa keberadaan lembaga ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat pendidikan, tetapi juga sebagai wadah untuk memupuk kecintaan terhadap agama dan kehidupan berbangsa.

Menurutnya, kontribusi Ponpes Darul Maarif tidak hanya terbatas pada ranah pendidikan formal saja.

“Namun juga dalam memperkokoh fondasi keagamaan dan moralitas yang menjadi pondasi kuat bagi kemajuan bangsa,” tambahnya.

Pihaknya juga mendorong para wisudawan untuk terus mengembangkan potensi mereka dan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Ia berharap agar anak-anak muda ini dapat menjadi agen perubahan yang membanggakan bagi masyarakat dan negara.

“Kehadiran Ponpes Darul Maarif tidak hanya dianggap sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai salah satu pilar penting dalam membangun karakter generasi muda yang tangguh dan berintegritas di masa depan,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakNapak Jagat Pasundan di Ciamis, Pj Bupati Sebut Upaya Penguatan Budaya Lokal
Artikulli tjetërPersiapan Jelang Pilkada 2024, KPU Kota Banjar Gelar Pelantikan dan Apel Siaga Pantarlih