PASUNDAN NEWS, CIANJUR – Puluhan Kepala Keluarga warga Kampung Tarigu Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur mengharapkan pembangunan drainase hingga pembangunan Instalasi Pembuangan Limbah WC warga.

Ironisnya dampak dari tidak optimalnya infrastruktur tersebut Limbah WC meluber ke jalan lingkungan hingga mencemari sumur warga.

“Sudah bertahun – tahun kami memanfaatkan pipa di drainase untuk mengaliri limbah wc dari setiap rumah, karena tidak adanya septic tank di beberapa rumah warga.

Namun Saat drainse mengalami kerusakan pipa – pipa penghubung wc warga itu mengalami kerusakan, hingga limbah dari wc warga meluber ke jalan dan cemari sumur – sumur warga,” papar Cepi Ruslan Ketua RT 3 RW 5 Kampung Tarigu.

Pihaknya mengakui sudah mengusulkan pembangunan drainase dan solusi tidak tersedianya pembuangan limbah WC warga melalui Musyawarah Dusun (Musdus) hingga Musyawarah Desa (Musdes) Sindanglaya sejak tahun 2017, namun tidak ada kejelasan hingga kini pembangunannya.

“Ya, kami sudah usulkan sejak tahun 2017 dari Musdus hingga Musdes tapi tak ada realisasinya. Kami sangat mengharapkan pemerintah desa bisa membangun dan memperbaiki infrastruktur warga kami,” ungkapnya.

Zaenal Ketua RT 2 RW 5 Kampung Tarigu saat ini ada sekitar 50 Kepala keluarga yang sangat mengharapkan infrastruktur drainase bisa diperbaiki dan adanya pembenahan pembuangan saluran pembuangan WC.

“Selama ini pihak desa sudah beberapa kali melakukan pengukuran untuk perbaikan drainase dan akan membenahi pembuangan limbah wc warga. Tapi hingga kini tidak ada kejelasan kami sangat mengharapkan pemerintah bisa segera membangunnya,” tegasnya.

Zaenal mengakui kondisi seperti ini sangat membuat warga tidak nyaman, karena selain bau dan mencemari sumur warga pun khawatir dampak penyakit jika ini terus dibiarkan.

“Wilayah kedusunan lain sudah ada pembangunan dari dana desa, kami hanya menginginkan pembangunan itu bisa merata dan saluran drainase hingga pembuangan limbah WC warga pun bisa dibenahi,” tutunya.

Sementara itu Ketua RW 05 Kp Tarigu Desa Sindanglaya Paoji Jafar menjelaskan sudah merespon masukan dari masyarakat dengan mengusulkannya ke desa, namun memang sampai sat ini pihaknya masih menunggu realisasi pembangunannya.

“Ya kami sudah mengusulkan ke desa, dan menunggu pembangunannya. Kami sangat berharap keinginan warga ini bisa dipenuhi karena memang akses drainase dan saluran limbah wc warga sangat dibutuhkan sekali warga,” tandasnya. (fhn)

Artikulli paraprakKetua Komite OSIS Nasional Sampaikan Pentingnya Etika dan Keterampilan Komunikasi kepada Generasi Milenial
Artikulli tjetër5 Kecamatan di Cianjur Mulai Alami Kekeringan