Agus, warga Desa Jalatran saat menunjukan lokasi penemuan granat nanas kepada Petugas dari Polsek Cipaku Polres Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Temuan granat nanas yang diduga masih aktif sontak menggemparkan warga Jalatrang Kabupaten Ciamis.

Diketahui, granat tersebut ditemukan secara tak sengaja oleh seorang ayah dan anak di Dusun Cikadung, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis.

Agus dan anaknya, Rio, menemukan benda itu saat menggali tanah belakang rumah untuk menimbun lokasi parkiran, pada Minggu (13/3/2023) pagi pukul 10.30 WIB.

Kejadian tersebut bermula saat Agus sedang menyangkul tanah dekat pohon kelapa belakang rumahnya.

Menanggapi hal ini, Babinkamtibmas Desa Jalatrang, Polsek Cipaku, Aiptu Agus Hendra membenarkan telah mendapat laporan warga yang menemukan granat nanas.

“Kami langsung datang ke lokasi kejadian. Benar, ternyata itu granat nanas. Diduga masih aktif dan kuncinya masih menempel,” jelas Hendra.

Berdasarkan keterangan warga, kata Hendra, penemuan granat ini ditemukan saat Agus tengah menyangkul tanah di belakang rumah.

“Kedalamannya kisaran 50 senti, penemu granat menggali tanah memakai cangkul dan tidak sengaja mengenai benda keras. Saat digali ternyata granat nanas,” ucap Hendra.

Hendra menduga, kemungkinan granat jenis nanas itu peninggalan zaman perang.

Selanjutnya, pihaknya pun mengamankan granat nanas tersebut ke Polsek Cipaku.

“Untungnya saat kena cangkul tidak sampai mengenai kuncinya, kalau kena khawatirkan bisa meledak. Nanti granat akan amakan oleh anggota Polres Ciamis,” tuturnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBlokir Anggaran Kementerian dan Lembaga oleh Kemenkeu, Ini Tanggapan BPKD Ciamis
Artikulli tjetërPengukuhan Guru Besar di Universitas Galuh, Sekda : Ikhtiar Kabupaten Ciamis Unggul Pendidikan