Foto/Dok.Humas Pemda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan secara virtual melalui Video Conference, Jum’at (25/9/2020) di ruang vidcon Kantor Bupati Ciamis.

Dalam Sambutannya, Yana menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan oleh PKK Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan bisa lebih dirasakan manfaatnya kepada masyarakat. Sehingga dengan gerakan ini tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera,” kata Yana.

Menurutnya, PKK kabupaten Ciamis telah banyak berkontribusi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Dibawah komando TP PKK Kabupaten Ciamis, PKK telah ikut berperan aktif dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

“Hari ini Covid-19 masih berlangsung, kondisinya lebih berbahaya dibanding sebelumnya. Pemerintah telah mencanangkan adaptasi kebiasaan baru, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” terang Yana.

Ia mengajak kepada seluruh kader PKK se-Kabupaten Ciamis, agar berperan serta aktif untuk mensosialisasikan 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir dan memakai masker).

“Kita berharap pelayanan bisa dilakukan, baik di perumahan maupun permukiman. Sehingga keluarga sehat dan sejahtera bisa betul-betul terlahir di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Kania Ernawati Herdiat mengatakan, di masa pandemi Covid-19 banyak permasalahan yang muncul, seperti masalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Kita memerlukan adanya kesatuan gerak dari berbagai stakeholder yang ada, sehingga akan terwujud kesamaan persepsi dan langkah dalam menghadapi berbagai persoalan di masyarakat terkhusus di lingkungan keluarga,” ucapnya.

Sebagai mitra kerja dari berbagai dinas yang ada, gerakan PKK turut menjadi bagian dari suatu langkah bersama guna mewujudkan keluarga berkualitas. Hal tersebut merupakan peran strategis PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Dengan perencanaan sehat melalui bangga kencana dan penerapan pola hidup sehat melalui lingkungan bersih dan sehat serta PHBS dan Posyandu, kita akan upayakan secara optimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” terangnya

Kania menjelaskan, kegiatan Kesrak tahun ini mengangkat tema “Melalui Kesatuan Gerak PKK – Bangga Kencana – Kesehatan dan Posyandu, kita tingkatkan kepedulian bersama untuk hidup sehat dan sejahtera dalam adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju”.

“Kita mengangkat tema tersebut karena sesuai dengan situasi saat ini. Pandemi telah membentuk suatu perubahan dalam kehidupan manusia yaitu adanya gaya hidup yang penuh empati, welas asih dan penuh solidaritas sosial,” jelasnya.

Kania menambahkan, jejaring yang ada dalam struktur gerakan PKK yang mengakar hingga ke kelompok Dasawisma pun mempermudah dalam mengakselerasi program-program PKK yang kemudian bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami mengajak kepada semua pihak, untuk saling bekerjasama secara terencana, terpadu dan terarah sehingga tercipta kesatuan gerak yang harmonis guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakJadi Narasumber di Training Intisab II PUI Jabar, Wabup Yana: Pemuda Islam Harus Berkontribusi dalam Pembangunan
Artikulli tjetërDiduga Belum Kantongi Perizinan, Pengembang Perumahan Bumi Kahuripan Membangkang