Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bersama unsur Forkopimda saat mengikuti Rakor pengendalian Covid-19 bersama Gubernur Jawa Barat. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wabup Ciamis, Yana D Putra mengikuti rakor pengendalian Covid-19 Jawa Barat jelang Idul Fitri 1442 H secara virtual di ruang ULP Setda, Selasa (11/5/2021).

Rakor tersebut dipimpin langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Seluruh Kepala Daerah dan Forkopimda se Jabar mengikuti melalui virtual.

Wabup Yana mengikuti rakor pengendalian Covid-19 mewakili Kabupaten Ciamis, didampingi oleh Sekda Ciamis H Tatang dan unsur Forkopimda.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam rapat menyampaikan, dalam memberikan edukasi dan sosialisasi penanganan Covid-19 harus satu narasi dengan pemerintah pusat.

“Tidak ada istilah pelarangan, prinsipnya adalah merubah cara, merubah lokasi dari kegiatan keagamaan yang sesuaikan dengan kondisi kedaruratan,” kata Emil sapaan akrab Gubernur Jabar.

Kepada Bupati dan Walikota Kang Emil perintahkan untuk melakukan penyisiran dan karantina bagi pemudik yang lolos melewati penyekatan.

“Jika ada pemudik yang bocor melewati penyekatan sampai ke kampung halaman agar dilakukan penyisiran dan karantina sesuai aturan 5 hari sejak kedatangan,” tuturnya.

Lanjutnya, pencegahan mudik Lebaran menjadi potensi penyebaran Covid-19. Maka penyekatan lapangan dan penanganan karantina bagi yang lolos mudik harus dilakukan.

“Kepada Kapolres, Dandim dan pihak-pihak lainnya agar bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial,” ucapnya.

“Saya tunggu informasi dari daerah mengenai pemudik yang karantina untuk kita sama-sama viral kan,” tambahnya.

Kang Emil menyebut, bagi masyarakat yang berada pada zona orange dan merah maka pelaksanaan shalat Ied di rumah masing- masing.

Sementara yang berada pada zona hijau dan kuning dapat melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah di Masjid dengan kapasitas tidak melebihi 50 persen.

Selain itu, Kang Emil menyarankan kepada masyarakat agar tidak saling mengunjungi secara fisik saat hari Raya Idul Fitri. Tetapi masyarakat bisa melakukannya secara virtual.

‘Mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petugas yang sampai saat ini tetap melaksanakan tugasnya dengan sangat baik” ucapnya.

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Salurkan Bantuan Dana Hibah 46 Miliyar untuk Bidang Keagamaan
Artikulli tjetërBacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Fitri