Poto: @adihidayatofficial

Pasundannews.comUstad Adi Hidayat memberikan dua amalan yang dapat di lakukan di waktu sahur.

Hal itu menurut Ustad Adi Hidayat sesuai dengan yang di ajarkan Rasulullah SAW, jika terlewat muslim rugi besar.

Bulan Ramadhan yang tinggal menhitung hari lagi. sekitar tanggal 13 april umat Islam akan menunaikan ibadah puasa. Namun,  Untuk menyambutnya berbagai persiapan telah di lakukan umat muslim di seluruh dunia, baik secara fisik, mental, juga spiritual.

Agar kondisi fisik prima, kita harus mempersiapkan diri dengan tujuan siap secara mental maupun fisik. Salah satu yang bisa di persiapkan adalah waktu sahur. Waktu sahur menjadi salah satu amalan sunnah yang di ajarkan nabi saat menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Sebuah hadist dari Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rasulullah SAW, “Aku masuk menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dia makan sahur, beliau berkata, “Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan.” (HR An Nasaa`i dan Ahmad).
Hadist tersebut mengandung makna bahwa Nabi Muhammad Saw tidak pernah melewatkan waktu sahur.
Namun bagaimana amalan yang bisa di lakukan saat waktu sahur sesuai dengan ajaran Nabi. Di kutip dari YouTube Ustaz Adi Hidayat, Ia menjelaskan 2 amalan mulia di waktu sahur.
1. Mengakhirkan waktu sahur

Ustaz Adi Hidayat memberi saran agar melaksanakan makan sahur pada 30 menit sebelum subuh.

“Menurut sunnah 30 menit paling awal sebelum subuh, ini yang di sebut sahur. Jadi kalau anda ingin menunaikan sahur, makan di waktu itu,” jelasnya.

Sahur yang terlalu awal, menurut Ustad Adi Hidayat sama hukumnya anda makan jam 10 malam atau jam 11 kan.

“sahur jam setengah 3 itu belum masuk waktunya sahur. waktunya itu masih terlalu awal.

Menurut hadist Bukhari muslim sebagaimana Anas radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu,  sebagai berikut.

“Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau shalat, aku tanyakan (kata Anas). Berapa lama jarak antara adzan dan sahur? Rasulullah menjawab, “Kira-kira 50 ayat membaca Al Qur’an.” (HR Bukhari Muslim).

2. Memperbanyak istrighfar

Selain mengakhirkan waktu makan dan minum, ustaz Adi Hidayat juga menyarankan muslim untuk memperbanyak beristighfar sebelum subuh.

Amalan ini bisa membawa kita semakin dekat pada surga.

“Anda kalo bisa kerjakan ini, itu jaminannya di Auran mendapatkan nikmat surga yang tidak biasa, surga paling indah, bisa melihat Allah tanpa hijab, bahkan bisa dikatakan tingkatnya bisa lebih dari surga, lebih indah, lebih tinggi.

“Astaghfirullahaladzim, minta ampun pada Allah,” ujar ustad umur 36 tahun itu.

“Jadi kalo bisa saya sarankan anda bagi dua waktunya sebagian buat makan, sebagian buat istighfar, setelah itu selesai makan itu anda tutup, siapkan diri anda untuk mendekat pada Allah, itu waktu-waktu paling luar biasa.” ujarnya.

Artikulli paraprakKepala Diskominfo Jabar Setiaji Raih Penghargaan Internasional sebagai Pelopor IT
Artikulli tjetërMODENA Keluarkan Produk Gas Hob tipe BH Elegan, Kompor Gas Kualitas Tinggi