Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya besama Wakil Bupati, Yana D Putra saat menanggapi langsung aspirasi yang disampaikan massa aksi di Halaman Gedung DPRD Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Aksi massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Peduli Rakyat berunjuk rasa di Halaman Gedung DPRD Kabupaten Ciamis.

Aksi tolak kenaikan BBM ini dimulai pukul 09.00 WIB, Kamis (15/9/2022) dengan massa ratusan orang dari gabungan elemen masyarakat Ciamis.

Mengenai aksi ini, Korlap Aksi Gerakan Rakyat Peduli Rakyat, KH Wawan Abdul Malik Marwan mengatakan kepada media bahwa masyarakat Kabupaten Ciamis menolak kenaikan harga BBM.

Menurut KH Wawan, kenaikan harga BBM ini membuat rakyat semakin sengsara. Pihaknya meminta agar pemerintah untuk menurunkan kembali harga BBM tersebut.

“Kenaikan BBM jelas sangat menyengsarakan rakyat. Dampaknya, semua jadi naik, makanan pokok, kebutuhan pokok, kami dari pesantren juga kelapakan, orang tua yang memberikan bekal untuk santri merasa terbebani,” terangnya.

Ia melanjutkan, surat aspirasi yang disampaikan pihaknya kepada Bupati dan DPRD Ciamis akan dilanjutkan ke Pemerintah Pusat.

“Kalau Presiden tidak bisa menurunkan harga BBM, lebih baik turun saja menjadi Presiden karena tidak bisa mengurus rakyatnya sendiri,” tegas Wawan.

Tanggapan Bupati dan DPRD Ciamis

Pada kesempatan ini, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang didampingi Wakil Bupati, Yana D Putra turut hadir di tengah massa aksi dan menanggapi aspirasinya.

“Alhamdulillah siang hari ini kita bisa silaturahmi, walaupun dalam suasana yang sangat menegangkan. Saya Bupati Ciamis, merasakan apa yang masyarakat Kabupaten Ciamis rasakan, betapa pedihnya penderitaan rakyat,” ungkap Herdiat di tengah massa aksi.

Sebagai bentuk empati kepada masyarakat Kabupaten Ciamis, pihaknya akan mengawal dan menyampaikan surat aspirasi tersebut ke Pemerintah Pusat.

“Saya dan juga Pak Wakil Bupati, akan mengawal surat ini sampai ke Jakarta. Saya dan Pak Wabup bisa berdiri di sini karena saudara semua, sayang sekali kalo saya tidak mendukung aspirasi masyarakat Kabupaten Ciamis,” paparnya.

“Sikap dukungan ini sebagai bentuk keprihatinan kita di Ciamis, saya akan tandatangani dan akan kawal bersama,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana. Menurutnya salah satu tugasnya adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kami DPRD yang memang salah satu sumpahnya adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat, kami akan menyampaikan surat aspirasi ke DPR RI dan Sekretariat Negara, langsung disampaikan ke tingkat pusat, karena permintaan mereka,” paparnya.

Sementara itu, fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Ciamis pun akan turut menandatangani, adapun yang belum karena sedang ada kegiatan.

“Untuk fraksi ada permohonan untuk hadir, yang tidak ada berarti sedang ada kegiatan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam aksi ini, massa aksi meminta penandatanganan dukungan dalam menolak kenaikan BBM oleh Bupati Ciamis dan semua perwakilan partai atau Fraksi yang ada di DPRD Ciamis. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDebut Perdana Potter, Fans Tetap Apresiasi Thomas Tuchel di Tengah Laga Chelsea vs Salzburg
Artikulli tjetërDisperpuska Ciamis Laksanakan Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Sekolah