Truk pengangkut barang rongsokan terguling dan masuk jurang di tanjakan Tepung Kanjut, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (22/1/2024) sore. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sebuah truk pengangkut barang rongsokan terguling dan masuk jurang di Tanjakan Tepung Kanjut, Sukamukti, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin (22/1/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut saksi mata, peristiwa ini bermula ketika truk yang dikemudikan oleh Kodir (54), warga Manonjaya Tasikmalaya dengan nomor polisi Z 8678 DF membawa barang rongsokan dari Banjarsari menuju Bandung.

Di tempat kejadian, diduga sopir tidak dapat menguasai medan saat melintasi turunan curam, sehingga menyebabkan truk oleng dan akhirnya terguling ke dalam jurang setinggi kurang lebih 10 meter.

“Saat kejadian, truk tersebut sedang mengangkut rongsokan dari Banjarsari menuju Bandung. Di lokasi turunan, truk oleng dan tak dapat dikendalikan, berakhir terguling dan masuk ke jurang,” ujar Asep (44), seorang saksi mata yang berada di lokasi kejadian.

Dalam peristiwa kecelakaan tunggal ini, beruntung sopir maupun kernet truk berhasil selamat dari kejadian tersebut meski kendaraan dan muatan rongsokan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kejadian ini ditangani langsung oleh Unit Laka Lantas Polres Banjar dengan melakukan investigasi faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan truk di tanjakan/turunan curam tersebut.

Masyarakat sekitar diminta untuk tetap waspada terhadap kondisi medan dan cuaca saat melintasi area Tanjakan Tepung Kanjut. Kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya keselamatan dalam mengemudi, terutama di daerah yang memiliki tantangan medan seperti tanjakan curam. (Hermanto/PasundanNews.com)