Serma Takril (kiri) berfoto bersama Dandim 0613/ Ciamis Letkol Inf. Afiid Cahyono, S.Sos., S.H., M.Han, usai menerima penghargaan sebagai Babinsa Berprestasi Bidang Pertanian Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Rabu (7/8/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Serma Takril, Babinsa Koramil 1313/Banjar yang bertugas di Kelurahan Purwaharja menerima penghargaan sebagai Babinsa Berprestasi Bidang Pertanian Provinsi Jawa Barat 2024.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Sudaryono, B.ENG., M.M., M.BA., pada Rapat Koordinasi Perluasan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi, dan Pembinaan Penyuluhan Pertanian di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Rabu (7/8/2024).

Serma Takril meraih penghargaan ini berkat dedikasinya dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayah tugasnya.

Selain menjalankan tugas sebagai Babinsa, Serma Takril juga aktif bertani di lahan miliknya yang terletak di dusun Cibodas, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar. Ia menanam berbagai jenis tanaman, seperti durian, pisang, dan pepaya.

“Saya merasa sangat terhormat atas penghargaan ini. Semoga ini dapat memotivasi Babinsa lainnya untuk terus berkontribusi dalam sektor pertanian,” ujar Serma Takril kepada pasundannews.com, Selasa (13/8/2024).

Ia juga berharap apa yang dilakukannya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di Kota Banjar untuk lebih giat dalam bertani.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap kontribusi Serma Takril yang dianggap telah membantu memperkuat ketahanan pangan di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, Serma Takril juga terlibat dalam berbagai kegiatan penyuluhan dan pendampingan petani di Kelurahan Purwaharja.

Ia secara rutin memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan hasil pertanian dan menerapkan teknologi pertanian terbaru.

Dalam rakor tersebut membahas berbagai topik penting terkait pengambangan pertanian.

Termasuk strategi perluasan areal tanam, penggunaan pompa air untuk irigasi, dan peningkatan kualitas penyuluhan pertanian di Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah daerah, para penyuluh, dan petani dari seluruh Jawa Barat.

(Hermanto/PasundanNews.com)