Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sepekan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Ciamis mulai menunjukkan trend positif kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Hal tersebut Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra sampaikan saat memimpin rapat evaluasi PPKM Darurat, Jumat (9/72021) di Sekretariat Satgas Covid-19 Ciamis.

“Sejak PPKM Darurat, menunjukkan kecenderungan positif terhadap kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Saat ini, tingkat kepatuhan mencapai 83,6 persen,” kata Yana.

Yana menyatakan, selama masyarakat disiplin menjaga protokol kesehatan, maka sidang tindak pidana ringan (tipiring) dapat dikurangi.

Menurutnya, tipiring merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Lebih lanjut Yana menyampaikan, substansi dari pelaksanaan PPKM Darurat yaitu lebih memberikan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Hal tersebut menurutnya sebagai upaya bersama dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu Ia juga mengimbau tim Satgas untuk senantiasa memantau posko-posko yang ada di Desa agar bisa berjalan maksimal.

“Kita ingin pasca PPKM Darurat ini kasus Covid-19 di Ciamis secara keseluruhan bisa turun,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Yana juga sampaikan
Terkait ketersediaan oksigen. Berdasarkan laporan Disperindag sampai saat ini sudah mulai tercukupi meskipun belum maksimal.

Kebutuhan harian terhadap gas oksigen di Kabupaten Ciamis setiap harinya sekitar 70 sampai dengan 120 tabung.

Ia pun berharap pada sisa waktu penerapan PPKM Darurat ini, pada akhirnya mampu menurunkan kasus Covid-19 secara signifikan.

“Keberhasilan ini membutuhkan kerjasama dari semua masyarakat. Saya berharap agar kita selalu ingat dan saling mengingatkan protokol kesehatan,” tukasnya.

Artikulli paraprak5 Gejala Ringan Terinfeksi Corona yang Wajib Diketahui
Artikulli tjetërDaerah Kabupaten Bandung Diprediksi Hujan Petir