Sekda Jabar Herman Suryatman meninjau kondisi Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (18/6/2024). Foto/Biro Adpim Jabar.

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Sekda Jawa Barat Herman Suryatman meninjau Sungai Citarum pada Selasa (18/6/2024).

Peninjauan tersebut tepatnya di kawasan Jembatan Babakan Sapan Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Herman turut berkoordinasi dengan berbagai lintas stakeholders untuk memantau kondisi sungai.

Hal ini dilakukan guna memastikan kebersihan sungai dalam kurun satu bulan hingga radius 500 meter ke barat dan timur.

“Sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa clear 1,5 bulan waktunya,” ungkap Herman.

Ia menambahkan, jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur nantinya akan diupayakan segera clear dan satu bulan setengah didorong radius lebih dari itu.

Herman menyebutkan, sampah di bawah Jembatan BBS ada yang sudah lama terpendam di dasar sungai Citarum.

Maka lanjut Herman memerlukan waktu satu bulan untuk mengangkat sampah tersebut.

“Karena karakter sampahnya di sektor ini bukan sampah baru saja, relatif banyak itu justru sampah lama yang di dalam,” jelasnya.

Sehingga, imbuhnya, penanganan sarana prasarana yang ada agar satu minggu ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur.

Bukan hanya itu, Pemprov Jabar bersama BBWS Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah.

“Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan Bandung,” tandas Herman.

(Herdi/PasundanNews.com)