Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra menyerahkan SK Remisi Umum kepada salah satu Nami di Lapas Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANEWS.COM – Sebanyak 219 orang narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis mendapatkan remisi umum.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka momentum HUT (Hari Ulang Tahun) ke-78 Republik Indonesia.

Bahkan tercatat ada delapan orang di antara napi yang mendapat remisi tersebut bisa langsung bebas pada Kamis (17/8/2023).

Secara resmi, Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D. Putra pun turut menyerahkan langsung SK remisi kepada narapidana secara simbolis yang bertempat di Aula Lapas kelas IIB Ciamis.

Yana berpesan agar dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi dan menjadikan kesalahan pada masa lalu sebagai cerminan untuk ke depannya.

“Kepada yang bebas mudah-mudahan bisa membuka lembaran hidup baru, kesalahan yang lalu bisa dijadikan cerminan untuk mnjadi lebih baik,” ucapnya.

Ia berharap para napi yang bebas ini dapat kembali hidup bersama masyarakat serta bisa berbakti pada nusa dan bangsa dengan menjadi warga yang taat pada aturan dan hukum.

“Semoga ke depan warga binaan ini bisa mengikuti setiap program lapas sehingga saudara yang belum bernasib baik hari ini kedepan bisa mendapat remisi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis, Soni Sopyan mengatakan program remisi ini dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Sini menyebutkan, program remisi ini juga sebagai salah satu kebijakan pemerintah memberikan remisi kepada napi yang disiplin dan taat aturan.

“Diharapkan kepada napi yang mendapatkan remisi umum tersebut dapat menyesali pelanggaran hukum yang telah dilakukan,” jelasnya.

Serta lebih semangat mengikuti program pembinaan di Lapas, lanjutnya, untuk dapat memperbaiki diri sebelum kembali ke masyarakat dan lebih cinta tanah air.

“Sebanyak 211 napi mendapatkan potongan masa tahanan dan 8 orang narapidana bebas karena masa tahanannya telah habis,” tukasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUpacara HUT RI ke-78, Bupati Ciamis : Semangat Gotong Royong Menjadi Pilar Utama dalam Pembangunan 
Artikulli tjetërUpacara HUT RI 78, Hengki Ajak Gelorakan Semangat Gotong Royong dalam Membangun Bandung Barat