Upacara pelepasan Mahasiswa KKN Universitas Galuh Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 1.248 Mahasiswa Universitas Galuh Kabupaten Ciamis mengikuti pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Halaman Pendopo, Pemerintah Kabupaten Ciamis, Selasa (26/7/2022).

Mahasiswa yang mengikuti KKN ini terkhusus periode dua tahun akademik 2021/2022.

Pelaksanaan KKN Unigal tahun ini mengusung tema “Percepatan Pemulihan sosial ekonomi masyarakat melalui program KKN PPM Unigal Tahun 2022”.

Mahasiswa KKN Unigal tersebut nantinya akan tersebar di empat Kecamatan di Kabupaten Ciamis. Antara lain yaitu Kecamatan Cidolog, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan dengan KKN ini dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Terutama dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis.

“Peran Universitas Galuh sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis sangatlah strategis sebagai edukator, katalisator, fasilitator dan developer untuk mengatasi berbagai permasalahan di desa yang cukup kompleks,” ucapnya.

Yana berharap para mahasiswa mampu mengidentifikasi sekaligus memecahkan berbagai masalah yang tumbuh di masyarakat dengan berbagai pendekatan dan kolaborasi.

“Saya berharap kepada mahasiswa Unigal yang akan melaksanakan KKN agar dapat mengidentifikasi sekaligus memecahkan masalah di masyarakat dengan pendekatan kolaborasi pentahelix di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan,” ungkap Yana.

Momen Edukasi dan Sosialisasi

Selain itu ia juga berpesan agar Mahasiswa KKN dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan dan melaksanakan Vaksin Booster. Hal itu mengingat kasus Covid-19 saat ini kembali naik.

“Berikan edukasi kepada masyarakat tentang arti penting protokol kesehatan dan melaksanakan vaksin Booster di fasilitas kesehatan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Galuh Ciamis Dr. Dadi, M.Si mengatakan pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu bentuk nyata dari Universitas Galuh untuk turun serta berperan aktif dalam menyokong pembangunan di Tatar Galuh Ciamis.

“Kami berharap keberadaan mahasiswa KKN dapat langsung menyentuh permasalahan pokok yang dihadapi masyarakat, tentunya dengan menggali dan memaksimalkan potensi yang ada, ” ucapnya.

Rektor Unigal melaporkan pelaksanaan KKN sendiri akan dilaksanakan dari tanggal 26 Juli sampai 26 Agustus 2022 dengan diikuti oleh sebanyak 1.248 mahasiswa dari berbagai jurusan. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaResmi Naik, Ini Rilis Harga BBM Non Subsidi Pertamina
Artikel berikutnyaANBK 2022 Digelar, Ini Jadwal untuk Jenjang SMA, SMP dan SD Sederajat