Petugas Satlantas Polres Banjar dan Kemenhub Darat lakukan ram check di terminal tipe A Banjar, Jumat (5/4/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjar bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Darat melakukan ram check di Terminal Tipe A Banjar, Jumat (5/4/2024) pagi.

Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Otong Rustandi, menyatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan di jalan raya selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Kami dari pihak kepolisian dan kementerian perhubungan darat melakukan ram check. Tujuannya untuk antisipasi manakala terjadi kecelakaan, kita sudah melakukan pemeriksaan,” ujarnya kepada awak media.

Dalam pemeriksaan tersebut, ditemukan salah satu Bus Angkutan Antar Kota dalam Provinsi (AKAP) dengan surat-surat tidak lengkap, termasuk masa berlaku SIM sopir yang telah habis. Hal ini mengakibatkan pergantian sopir dengan sopir cadangan yang memiliki SIM yang masih berlaku.

“Temuan salah satu Bus AKAP dengan surat-surat tidak lengkap termasuk SIM sopir masa berlakunya sudah habis. Kemudian diganti dengan sopir cadangan yang memiliki SIM,” tambah Otong.

Meskipun demikian, kendaraan dan Bus lainnya yang diperiksa masih dalam kondisi lengkap dan layak untuk melanjutkan perjalanan.

“Untuk kendaraan atau Bus yang lain masih lengkap dan laik jalan,” katanya.

Selain pemeriksaan administratif, para sopir juga diperiksa kondisi kesehatannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa para sopir siap mengemudi dengan kondisi prima selama periode arus mudik dan balik Lebaran.

Kegiatan ram check ini merupakan bagian dari upaya bersama antara kepolisian dan kementerian terkait untuk memastikan keselamatan dan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran bagi masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemprov Jabar Anggarkan Rp 15 Miliar untuk OPADI, Sekda Herman : Tuntas H-4 Lebaran
Artikulli tjetërCamat Purwaharja Rina Purnama Sari, Pimpin Pemberantasan Sarang Nyamuk di Cikadu Kota Banjar