Banjar

“Sacangreud Pageuh”, Lagu karya Ketua KPU Kota Banjar sebagai Simbol Komitmen Demokrasi

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Lagu “Sacangreud Pageuh,” karya cipta Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muchlis, menjadi sorotan dalam dunia musik pop Sunda di Jawa Barat khususnya Kota Banjar.

Dengan suara khas sang vocalis, Lena, yang mendayu-dayu, lagu ini mencerminkan makna mendalam seiring dengan aktualisasi musiknya.

Dalam liriknya, lagu ini menggambarkan komitmen kuat seluruh masyarakat Kota Banjar menjelang pilkada 2024.

Lagu ini menyiratkan tentang kemauan dan komitmen untuk berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan demokrasi serta mensukseskan Pilkada.

Komitmen yang tergambar dalam lagu ini melibatkan common interest atau kepentingan bersama, mencakup upaya menjaga kondusifitas dan mengatasi berbagai tantangan mentalitas masyarakat sebagai pemilih, sambil mempromosikan kemandirian.

Dalam lirik lagu tersebut terdapat pesan sederhana namun penuh makna; “Ulah ringkih ku iming-iming,” “Ulah beunang ku amang-amang,” “Ulah kabongbroy kupangoloan.”

Pesan tersebut mengingatkan akan pentingnya tidak goyah dalam memilih, tidak tergoda oleh iming-iming (rayuan), dan tidak takut terhadap ancaman serta intimidasi, termasuk hoax dan fitnah.

Daniel menambahkan, bahwa lagu ini bukan hanya sekedar hiburan, melainkan juga sarana untuk membimbing masyarakat agar memiliki kemampuan dan kemauan melakukan literasi politik.

Dengan kesadaran politik, masyarakat dapat bergeser dari sekadar menjadi people menuju pemahaman yang lebih dalam tentang demokrasi.

Dalam penjelasannya, Dani Danial menekankan perlunya menghindari rayuan dan janji-janji yang dapat mempengaruhi pilihan.

Lagu ini menjadi panggilan untuk menggiring masyarakat agar memiliki kemampuan dan keinginan untuk melakukan literasi politik, menjadikan pilkada sebagai momentum penting dalam perjalanan demokrasi lokal.

“Masyarakat jangan terpincut oleh rayuan dan janji-janji dalam menentukan pilihan. Salah satu pesan dari lagu ini yakni menggiring masyarakat kita untuk memiliki kemampuan dan kemauan melakukan literasi politik dalam pilkada,” jelas Danial kepada pasundannews.com, Senin (18/12/2023).

Lagu “Sacangreud Pageuh,” melalui lirik-liriknya, Dani Danial Muchlis menyampaikan pesan aspirasi untuk suatu proses pemilihan yang berlangsung dengan damai.

Semoga karya ini dapat menjadi panggilan bagi seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan dan keselarasan dalam proses demokrasi, menciptakan suatu pesta demokrasi yang lancar dan aman. (Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Om Zein Daftar ke Partai Geridnra, Optimis Maju di Pilkada Purwakarta 2024

PASUNDAN NEWS - Om Zein sapaan akrab Saepul Bahri Binzein resmi mendaftar sebagai bakal calon…

5 jam ago

Opening Rumah Makan dan Cafe Kopi Golodog, Merajut Tradisi Kuliner dan Hiburan di Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Di tengah gemerlapnya Kota Banjar, Jawa Barat, telah hadir sebuah tempat…

6 jam ago

Jaber bersama RS Banjar Patroman Beri Pelatihan untuk Sopir Ambulan dan Driver Siaga Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Jabar Bergerak (Jaber) Kota Banjar bersama Rumah Sakit (RS) Banjar Patroman…

6 jam ago

Viral di Media Sosial, Geng Motor Ugal-ugalan di Kota Banjar dibekuk Polisi

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar berhasil mengamankan sekelompok geng motor yang…

15 jam ago

Perlu Sebanyak 72.420 KTP untuk Mengikuti Pilkada Serentak Melalui Jalur Independen

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Perlu sebanyak 72.420 KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk bisa mengikuti Pilkada…

22 jam ago

Dinas DKPKP Pangandaran Serahkan Bantuan Sarpras bagi Kelompok Budidaya Ikan

Dinas DKPKP Pangandaran Serahkan Bantuan Sarpras bagi Kelompok Budidaya Ikan BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Dinas Kelautan,…

22 jam ago