Banjar

Jaber bersama RS Banjar Patroman Beri Pelatihan untuk Sopir Ambulan dan Driver Siaga Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Jabar Bergerak (Jaber) Kota Banjar bersama Rumah Sakit (RS) Banjar Patroman beri pelatihan khusus bagi sopir ambulans dan driver mobil siaga di Kota Banjar.

Pelatihan ini meliputi cara-cara penanganan pada pasien yang mengalami cidera hingga tak sadarkan diri.

Sebanyak 11 orang sopir ambulans dan driver mobil siaga di Kota Banjar terlibat dalam pelatihan ini, dimana mereka mendapat materi langsung dari dokter-dokter muda dan perawat RS Banjar Patroman.

Ketua Jaber Kota Banjar, Ari Faturohman, mengatakan, pelatihan ini merupakan tahap penting dalam mendidik para profesional ini untuk bertindak dengan cepat, aman, dan penuh kesadaran medis dalam situasi mendesak.

“Menjadi sopir ambulans bukanlah pekerjaan biasa. Mereka harus menguasai banyak hal dengan sangat baik untuk mengemudikan mobil prioritas tinggi ini,” kata Ari kepada pasundannews.com, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, selain memiliki kemampuan mengemudi, sopir ambulans juga harus memahami kondisi pasien yang mereka bawa serta peralatan medis di dalam mobil.

“Mereka diberi pengetahuan tentang mengemudi dengan cepat namun tetap aman, dan pentingnya memahami rambu-rambu lalu lintas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat membawa pasien,” ujarnya.

Koordinator kegiatan dari RS Banjar Patroman, dr. Fiqrotul Umam menjelaskan, pada kegiatan ini para sopir ambulans juga dilatih dalam Bantuan Hidup Dasar agar dapat memberikan penanganan awal jika terjadi keadaan darurat saat membawa pasien ke tempat tujuan.

“Profesi sopir ambulans memang bukan tugas yang mudah. Mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan tambahan untuk mendukung pekerjaannya serta memastikan keselamatan pasien dan tim medis,” kata dr. Umam.

Pelatihan yang dilaksanakan di aula Rumah Sakit Banjar Patroman ini, digelar selama dua hari yakni Selasa-Rabu (7-8/5/2024).

(Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Pemprov Jabar Perkuat Jaringan Pembiayaan Perubahan Iklim di Forum Internasional

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pemprov Jawa Barat memperkuat jaringan pembiayaan perubahan iklim dalam forum internasional.…

3 jam ago

Warga Solo Tumpah Ruah Antusias Ikuti Festival HUT BJB Bersama Andre Taulany & Friends

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Bank BJB rayakan Festival bersama ATF (Andre Taulany & Friends) di…

4 jam ago

SMAN 1 Kawali Study Tour ke Yogyakarta, Dishub Ciamis Uji Kelayakan sebelum Pemberangkatan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis laksanakan study tour ke Yogyakarta, Provinsi…

6 jam ago

Pastikan Keamanan Study Tour SMA Negeri 1 Banjar, Sembilan Unit Bus Lakukan Ram Check

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Banjar, bersama dengan Satlantas Polres Banjar melakukan…

13 jam ago

Mengaku Berfikir Realistis, Sulyanati Fokus pada Bacalon Wakil Wali Kota di Pilkada Banjar 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Aktivis Eksponen Forum Peningkatan Status Kotif Banjar (FPSPKB), Sulyanati, terus menunjukkan…

14 jam ago

Eks Drummer Bagindas Ivan Hervian Banting Stir ke Bisnis Kuliner

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Ivan Hervian (43), mantan drummer band Bagindas, kini memilih untuk banting…

1 hari ago