Banjar

Best Grow Saung Ciraja, Solusi Pupuk Organik untuk Pertanian Berkualitas

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Seorang inovator pertanian, Tri Pamudji Rudianto, memberikan solusi atas kesulitan petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi dengan menciptakan pupuk organik cair dan padat bernama Best Grow Saung Ciraja.

Pupuk ini, khususnya dirancang untuk tanaman padi dan telah membuktikan kualitasnya dengan menjadikan sawah di Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat lebih subur dan menghasilkan beras berkualitas tinggi.

“Pupuk Organik ini tidak hanya meningkatkan kesuburan tanah, tetapi juga memberikan hasil panen yang lebih baik dibandingkan dengan pupuk kimia. Ini menjadi solusi efektif, terutama ketika pupuk kimia sulit didapatkan,” ujar Tri Pamudji Rudianto yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Banjar ini kepada pasundannews.com, Jumat (26/1/2024).

Harga yang terjangkau, sekitar Rp 40.000 untuk 500 ml, membuat Best Grow Saung Ciraja menjadi pilihan yang ekonomis bagi para petani.

Sebagai panduan, Tri Pamudji menyarankan penggunaan tiga botol untuk 100 ubin sawah, dan 15 tutup botol bisa dicampur dengan 15 liter air untuk satu tank semprot.

Hasil positif tidak hanya terbatas pada aspek kualitas, tetapi Best Grow Saung Ciraja juga terbukti efektif dalam membasmi hama. Hal ini menjadikan pupuk organik cair ini sebagai solusi holistik untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan.

Selain pupuk organik cair, Tri Pamudji juga menciptakan pupuk padat. Untuk satu kantong pupuk padat berisi 20 kilogram dengan harga Rp. 40.000/ kantong.

Tri Pamudji juga memberikan panduan penggunaan pupuk padat sebelum menanam untuk memastikan tanah menjadi padat dan bebas hama.

“Selain pupuk cair, juga ada pupuk padat. Pupuk padat ini sangat efektif untuk memperbaiki struktur tanah dan memberikan nutrisi yang diperlukan tanaman,” katanya.

Ia menyarankan cara pemakaian pupuk padat, menurutnya cukup ditebarkan di lahan yang siap tanam, berselang 3 hari setelah tebar baru sawah siap ditanam padi.

“Dengan mengintegrasikan pupuk padat ke dalam tanah, kita dapat meningkatkan daya tahan tanah terhadap hama dan penyakit, serta memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal,” tambahnya.

Dengan memberikan informasi tersebut, Tri Pamudji berharap petani dapat memanfaatkan pupuk padat secara bijak untuk meningkatkan hasil pertanian secara berkelanjutan.

Menyadari pentingnya pengetahuan, Tri Pamudji memiliki rencana ke depan untuk mengadakan pelatihan bagi para petani di Kota Banjar.

Keberhasilan implementasi Best Grow Saung Ciraja di tiga dusun di Desa Kujangsari, yaitu Citangkolo, Kalapasabrang, dan Cijurey, telah membuktikan potensinya dalam menjaga dan meningkatkan produktivitas pertanian secara luas.

“Kami ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman kepada lebih banyak petani, sehingga metode organik ini dapat menjadi standar untuk mencapai pertanian yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi di seluruh Kota Banjar,” pungkasnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Pemprov Jabar Berangkatkan Sebanyak 872 Orang Kloter Pertama Haji

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pemprov Jawa Barat memberangkatkan sebanyak 872 orang untuk kloter pertama haji.…

9 jam ago

Aplikasi Sapawarga Pemprov Jabar Mudahkan Masyarakat di PPDB 2024, Berikut Fitur Kegunaannya

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Aplikasi Sapawarga Pemda Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu platform untuk…

9 jam ago

PSGC Ciamis Raih Runner Up, Sukses di Laga Perdana 32 Besar Liga 3 Nasional

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - PSGC Ciamis meraih posisi runner-up dalam klasemen sementara Grup 3 di…

9 jam ago

Pilkada Kota Banjar 2024, Akhmad Dimyati dan Alam ‘Mbah Dukun’ Daftar Bapaslon ke KPU

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Wakil Walikota Banjar dua periode 2003-2013, H.Akhmad Dimyati, dan artis Alam…

9 jam ago

Atet Handiyana Beri Bonus kepada Atlet Silat Kota Banjar yang Berprestasi di Popwilda 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Bacalon (Bakal Calon) Walikota Banjar, Atet Handiyana memberi bonus kepada atlet…

11 jam ago

KPU Kota Banjar Lakukan Seleksi Wawancara Calon Anggota PPK untuk Pilkada 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - KPU Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar seleksi wawancara untuk pembentukan Panitia…

17 jam ago