Pangandaran

Dinas DKPKP Pangandaran Serahkan Bantuan Sarpras bagi Kelompok Budidaya Ikan

Dinas DKPKP Pangandaran Serahkan Bantuan Sarpras bagi Kelompok Budidaya Ikan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM– Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Pangandaran serahkan bantuan Sarana Prasarana (Sapras) kepada 14 kelompok Budidaya Ikan,  Senin (6/5/2024).

Kepala DKPKP Kabupaten Pangandaran, Sarlan, mengatakan, belasan kelompok yang mendapat Sapras tersebut adalah hasil dari seleksi.

“14 kelompok budidaya itu hasil dari seleksi kita, bahwa kelompok tersebut akan bisa bertahan dan memotivasi yang lain untuk berkembang membudidaya ikan tawar di Pangandaran,” ujarnya

Ia mengungkapkan, sebelum Sapras diserahkan, para kelompok ini mendapat pembinaan terlebih dahulu dari DKPKP Pangandaran.

Sarlan menyebutkan, terdapat beberapa indikator untuk kelompok tersebut layak mendapatkan bantuan.

Diantaranya, mereka produktif secara terus menerus selama 3 sampai 5 tahun. Kemudian mereka ada support ketika data perikanan yang mereka peroleh.

“Diberi pengertian terlebih dahulu, bagaimana cara budidaya yang baik dan menggunakan alat budidaya dengan benar,” ungkapnya.

Adapun Sapras yang diterima oleh para kelompok tersebut diantaranya, kendaraan roda tiga, pompa air, benih dan pakan ikan.

“Yang diterima kelompok tergantung kebutuhan mereka dilapangan, ada kendaraan roda tiga, ada pompa air, ada juga benih Ikan dan pakan,” tuturnya.

Sarlan mengungkap, selama ini para pembudidaya ikan tawar di Pangandaran mengeluhkan tentang masalah pakan. Pihaknya pun langsung mengantisipasi itu.

“Kita sudah memberikan bantuan alat untuk pembuat pakan, bisa menjadi alternatif, seperti, dari limbah ikan, dari bekas makan di restoran, itu juga bisa dari magot, itu yang sudah berkomunikasi dengan beberapa kelompok budidaya,” terangnya.

Sarlan melanjutkan, dengan harga pakan yang terlalu tinggi, maka nilai jual antara Ikan dengan pakan sangat jauh perbandingannya

“Misalnya harga ikan Lele, disaat kekeringan kemarin El Nino itu mereka juga susah untuk menjualnya, karena karena harganya lebih murah dibanding harga pakan,” jelasnya. (Deni Rudini/PasundanNews.com

Deni Rudini

Leave a Comment

Recent Posts

Warga Solo Tumpah Ruah Antusias Ikuti Festival HUT BJB Bersama Andre Taulany & Friends

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Bank BJB rayakan Festival bersama ATF (Andre Taulany & Friends) di…

30 detik ago

SMAN 1 Kawali Study Tour ke Yogyakarta, Dishub Ciamis Uji Kelayakan sebelum Pemberangkatan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis laksanakan study tour ke Yogyakarta, Provinsi…

2 jam ago

Pastikan Keamanan Study Tour SMA Negeri 1 Banjar, Sembilan Unit Bus Lakukan Ram Check

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Banjar, bersama dengan Satlantas Polres Banjar melakukan…

10 jam ago

Mengaku Berfikir Realistis, Sulyanati Fokus pada Bacalon Wakil Wali Kota di Pilkada Banjar 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Aktivis Eksponen Forum Peningkatan Status Kotif Banjar (FPSPKB), Sulyanati, terus menunjukkan…

10 jam ago

Eks Drummer Bagindas Ivan Hervian Banting Stir ke Bisnis Kuliner

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Ivan Hervian (43), mantan drummer band Bagindas, kini memilih untuk banting…

22 jam ago

HUT Bank BJB ke-63, Ajukan KPR dengan Suku Bunga Murah Berlimpah Hadiah

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) ke-63 nasabah atau calon…

23 jam ago