Jatigede
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau lokasi yang akan menjadi landmark pariwisata kawasan Jatigede di Kabupaten Sumedang, Minggu (23/5/2021). (Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar)

SUMEDANG, PASUNDANNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau lokasi landmark pariwisata kawasan Jatigede di Kabupaten Sumedang, Minggu (23/5/2021).

Menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, landmark yang akan di beri nama “Menara Kujang Sapasang” tersebut di harapkan dapat menggeliatkan sektor pariwisata Sumedang.

“Mudah-mudahan dengan selesainya titik landmark tersebut bisa menandai lahirnya kesuksesan pariwisata di Sumedang dan juga di Jabar,” kata Kang Emil.

“Kemudian nanti ada jembatan karena menghubungkan dua bukit, di bukit akhir berdiri kujang yang sepasang utama dan sepasang skala kecilnya,” tambahnya.

Sedangkan untuk spot unggulan yang di tawarkan dalam proyek kawasan pariwisata tersebut ialah melihat keindahan alam Jatigede dari atas menara.

“Spot unggulannya view alam Jatigede aja, cuma posisinya di atas menara seperti kita naik menara kalau di New York itu Patung Liberty,” ucap Kang Emil.

Selama ini Jatigede terkenal sebagai kawasan pengelolaan air dan manajemen air. Kang Emil berujar, Jatigede memiliki panorama yang memesona, terutama pemandangan pulau-pulau kecil dan sawah.

“Menjadikan semuanya penasaran untuk datang ke Jatigede. Oleh karena itu, kita fasilitasi nanti di mulai dengan rutenya ada masjid tempat istirahat atau bisa di bilang seperti rest area,” tuturnya.

Landmark Ditarget selesai 2022 Mendatang

Kang Emil mengatakan, apabila pembangunan berjalan lancar, landmark bisa selesai di bangun dan dapat di gunakan pada 2022.

“Kalau di target Januari 2022 bisa di pergunakan,” ucapnya.

Selain kawasan pariwisata, kata Kang Emil, Jatigede juga mempunyai wisata kuliner yang akan menjadi daya tarik wisatawan.

“Di Jatigede juga ada kawasan kuliner, saya belum mengunjungi pelatarannya, yang dananya di biayai oleh provinsi,” ucapnya.

Kang Emil berharap, dengan adanya pembangunan kawasan pariwisata ini, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar Jatigede di harapkan dapat meningkatkan.

“Intinya sayang sekali kalau area seluas ini dan seindah ini tidak memberi nilai tambah bagi warga,” ucapnya.

Kang Emil berpesan kepada Bupati Sumedang dan juga jajaran Forkopimda Sumedang untuk memaksimalkan warga lokal sebagai pengurus kawasan tersebut.

“Saya titip ke Bapak Bupati, untuk maksimalkan orang-orang lokal kampung sini yang menikmati kesejahteraannya,” katanya.

(Humasjabar)

Artikulli paraprakCirebon Zona Merah, Jabar Terus Lakukan Tes Covid-19
Artikulli tjetërPerokok Kota Bandung Akan Didenda Rp500 Ribu di Area KTR