Ribuan peserta dari Forum Muslim Banjar (Formusba) Kota Banjar turun ke jalan dalam aksi bela Palestina yang digelar di Taman Kota Lapang Bhakti, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (9/6/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Ribuan masyarakat yang tergabung dalam Forum Muslim Banjar (Formusba) menggelar aksi bela Palestina di Taman Lapang Bhakti Kota Banjar, Minggu (9/6/2024).

Aksi ini sebagai respon terhadap tindakan biadab yang dilakukan oleh zionis Yahudi terhadap masyarakat muslim Palestina.

Korlap aksi, Zaenal Arifin, mengungkapkan, kegiatan aksi tersebut diikuti oleh lebih dari seribu peserta yang datang dari berbagai elemen masyarakat muslim.

“Kami berkumpul di sini untuk menunjukkan solidaritas kepada saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami penindasan,” kata Zaenal Arifin.

Para peserta aksi membawa bendera Palestina, banner, dan spanduk dengan berbagai pesan dukungan untuk rakyat Palestina.

Aksi ini tidak hanya berpusat di Taman Kota saja, tetapi juga melibatkan long march mengelilingi kota setempat.

Rute long march dimulai dari Taman Kota, melewati Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Letjen Suwarto, Jalan Jendral Hoegeng, Jalan Kapten Jamhur, Jalan Dewi Sartika, dan kembali ke Taman Kota.

“Rute ini dipilih agar pesan kami bisa disampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Banjar,” tambah Zaenal Arifin.

Selama long march, para peserta aksi melakukan orasi menyuarakan dukungan mereka terhadap Palestina.

Mereka juga mengajak masyarakat yang menyaksikan aksi tersebut untuk ikut mendukung dalam gerakan solidaritas ini.

“Kita harus bersatu dan menunjukkan bahwa kita peduli dengan apa yang terjadi di Palestina. Ini bukan hanya masalah mereka, tetapi masalah kita semua sebagai umat manusia,” ujar Zaenal dalam orasinya.

Menggalang Solidaritas Kepedulian untuk Masyarakat Muslim Palestina 

Aksi ini mendapatkan perhatian luas dari masyarakat Kota Banjar. Banyak dari mereka yang bergabung dan memberikan dukungan moral kepada para peserta aksi.

Zaenal juga mengungkapkan harapannya agar aksi ini bisa menyadarkan lebih banyak orang tentang pentingnya solidaritas terhadap Palestina.

“Semoga dengan aksi ini, kita bisa membangkitkan kesadaran dan kepedulian yang lebih besar terhadap perjuangan rakyat Palestina,” ujarnya.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan aman, dengan pengawalan dari pihak kepolisian yang memastikan kelancaran jalannya aksi.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mengawal aksi ini sehingga bisa berjalan dengan lancar,” tutup Zaenal.

Formusba berkomitmen untuk terus mengadakan aksi-aksi serupa sampai keadilan bagi Palestina tercapai.

“Ini adalah perjuangan panjang dan kami tidak akan berhenti sampai Palestina merdeka,” tegas Zaenal Arifin.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKPU Kenalkan Wa Lobster Sebagai Maskot Pilkada Pangandaran 2024
Artikulli tjetërPetugas Gabungan Razia Tempat Hiburan Malam di Pangandaran