Ketua Karang Taruna Kabupaten, Ega Anggara Al Kautsar. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Ciamis Masa Bakti tahun 2023-2028 resmi dilantik.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (28/10/2023) bertempat di Aula Gedung PKK Kabupaten Ciamis.

Turut hadir Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan unsur Forkopimda serta para sesepuh Karang Taruna Ciamis dari masa ke masa.

Mengawali sambutannya, Ega Anggara Al Kautsar mengucapkan terimakasih kepada ketua dan pengurus karang taruna sebelumnya dibawah kepemimpinan Atep Hasanudin.

“Terimakasih kepada beliau, atas dedikasi, totalitas dan pengabdian untuk Ciamis sebagai bentuk kebanggaan kita kepada beliau, kita sangat apresiasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Ega mengatakan, bahwa di momen sumpah pemuda kali ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Karang Taruna Kabupaten Ciamis yang kini resmi dilantik.

“Momen kali ini begitu sakral, bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Sebuah hari yang istimewa bagi saya dan para pengurus yang telah dilantik,” katanya.

Melalui gagasan dengan tagline ‘Pemuda Ciamis Jawara Ngajomantara’, Ega pun optimis pemuda Ciamis lebih produktif dan berdaya.

“Bersama membangun karakter dan kepemimpinan pemuda yang peduli dan berkontribusi mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat,” jelasnya.

Komitmen Tingkatkan Potensi Daerah

Ega mengungkapkan, pihaknya turut berbahagia dengan momen pelantikan kali ini. Mengingat banyak dukungan terutama Bupati Ciamis dan dengan SDM pengurus yang mumpuni.

Hal ini menurutnya, menjadi bekal bagi Karang Taruna Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan komitmennya dalam memajukan daerah.

“Dibalik kebahagiaan ada sedikit rasa gamang dalam hati kami, tapi bukan sebagai ganjalan. Karena, ke depan akan ada dinamika yang terjadi dalam menjalankan komitmen memajukan daerah,” paparnya.

Namun, dengan keterbatasan tersebut, para pengurus Karang Taruna akan solid dalam hal mencapai tujuan Karang Taruna sendiri.

“Kami menyadari keterbatasan, untuk itu mohon arahan bimbingan, dan petunjuk, dari para penasihat majelis kehormatan untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada pengurus yang baru dilantik. Jaga integritas, dedikasi, totalitas diharapkan dari para pengurus,” terangnya.

Ega mengatakan, pihaknya memiliki obsesi yang besar untuk bisa mewarnai kemajuan Kabupaten Ciamis dalam bingkai kesetiakawanan sosial.

“Serta berorientasi pada upaya kesejahteraan sosial masyarakat demi terwujudnya ‘Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua,” katanya.

Ega menyebutkan, sebagai organisasi mitra terdepan pemerintah, pihaknya pun akan terus bersinergis dengan pemerintah melalui karya nyata dan inovasi yang dapat menunjang kemajuan Kabupaten Ciamis.

Apresiasi Bupati Ciamis

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus Karang Taruna sebelumnya serta pengurus yang telah resmi dilantik.

Ia berharap, dengan kepengurusan yang baru akan menjadi bekal utama untuk terus berkontribusi nyata terhadap pembangunan Kabupaten Ciamis.

“Harus saling mengisi dan membantu, saya berharap para pemuda yang ada di Kabupaten Ciamis harus mampu memanfaatkan potensi yang kita miliki, sumber daya alam maupun sumber daya manusia,” paparnya.

Ia menegaskan, bahwa pemuda saat ini potensinya harus dioptimalkan demi kemajuan Kabupaten Ciamis.

“Maju mundurnya Ciamis ada di pundak tangan para pemuda, dan saya optimis itu ada pada kepengurusan baru,” tuturnya.

Herdiat menambahkan, sebentar lagi akan menghadapi tahun politik, ia pun berharap karang taruna turut menjaga kondusifitas sejumlah organisasi masyarakat.

“Tahun ini sudah merupakan tahun politik, biarkan ketika berbeda pilihan, kepercayaan, silahkan sesuaikan dengan pilihan masing-masing, yang paling penting ‘alakur’ (rukun). Jaga kondusifitas, antara ormas satu dan yang lainnya,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSumpah Pemuda 28 Oktober, Ketua DPD AMPI Ciamis Tegaskan Pentingnya Pemuda Terus Berinovasi
Artikulli tjetërSosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Kota Banjar Blusukan Ke Tobong Bata Parungsari