Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Drs. Achmad Yani, MM. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang malam tahun baru 2023 Pemkab Ciamis melalui Dishub bersama Satlantas Polres Ciamis tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kemacetan di seputar kawasan jalan pusat kota Ciamis.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis, Achmad Yani mengatakan, jalan menuju kawasan Alun-alun Ciamis akan ditutup secara situasional.

“Rencananya rekayasa lalin seputar jalan Alun-alun Ciamis. Hal ini kami lakikan untuk meminimalisir kemacetan,” ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Adapun jalan yang akan tutup kata Achmad Yani, yaitu jalam Jenderal Sudirman dari Simpang Tonjong menuju Alun-alun Ciamis.

Jalan Tentara Pelajar dari simpang Yogya ke arah PMI, Jalan Perintis Kemerdekaan dari simpang Yogya, Jalan Kaum dan Jalan Karang Mawar.

“Enam jalan itu merupakan akses menuju Alun-alun Ciamis. Penutupan jalan tersebut rencananya akan kita berlakukan mulai pukul 17.00 WIB,” katanya

Namun lanjut Achmad Yani, penutupan jalan tersebut akan berlakukan secara situasional dengan melihat terlebih dahulu situasi dan kondisi nantinya.

“Alun-alun Ciamis menjadi pusat aktivitas warga saat perayaan malam tahun baru. Sehingga kita prediksi akan penuh. Intinya kita terus berkoordinasi dengan kepolisian,” ucapnya.

Alternatif Jalan Bagi Pengedara yang Melewati Pusat Kota Ciamis

Achmad Yani menambahkan, pihaknya pun akan menyiapkan 8 titik area parkir, yaitu jalan Alun-alun Timun dan jalan bagian atas.

Selanjutnya, Jalan Ir Juanda, ruas jalan Masjid Agung sebelah kanan, Jalan Galuh, depan SMP 4 Ciamis, Parkir Masjid Agung Utara dan Jalan Jendral Sudirman sebelah Utara.

Achmad Yani pun menyebut, pihaknya memberikan informasi jalan alternatif kepada pengendara ketika jalan menuju Alun-alun ditutup.

Kendaraan yang dari arah Tasikmalaya menuju Banjar dan Jawa Tengah bisa belok ke arah Jalan Kartini

“Belok ke kanan dari Simpang Tonjong lurus ke Lokasana lalu ke arah Terminal dan nanti tembus ke Simpang Kodim,” terangnya.

Sedangkan kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Cirebon bisa menggunakan Jalan Siliwangi ke arah Maleber lalu ke Jalan RE Martadinata.

“Kendaraan dari arah Banjar dan Jateng yang akan ke arah Tasikmalaya bisa belok dari simpang Kodim ke Jalan Iwa Kusumasomantri melewati Terminal dan nangi akan tembus ke Jalan Ir Juanda,” jelasny. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTemu Pengusaha dan Kemitraan Menuju Panumbangan Lebih Maju Sejahtera untuk Semua
Artikulli tjetërSilaturahmi bersama Rektor Unisba, Mapancas Bawa Misi Pancasila Garda Terdepan Menuju Budaya Politik Santun