Rumah salah satu warga di Desa Paledah Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran ambruk akibat diterjang angin puting beliung. Foto/Ist.

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Puting beliung terjadi di Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Selasa (2/5/2023).

“Benar, bencana angin puting beliung menerjang Desa Paledah, tepatnya di Dusun Neglasari, sekitar pukul 05.00 WIB,” kata Camat Padaherang, Edi Kusnadi sebagaimana keterangan tertulis yang diterima PasundanNews.com, Rabu (3/5/2023).

Turut mendampingi, Camat Padaherang bersama Kepala Desa Paledah yang turun langsung ke lokasi kejadian.

Secara kronologis, kejadian ini diawali dengan hujan gerimis yang disusul dengan angin berhembus sangat kuat.

Akibat bencana tersebut, satu rumah milik warga, bernama Darwani (70) ambruk.

“Akibat angin puting beliung ini, satu rumah warga RT 039 RW 013 Dusun Negalasari, Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, bernama Darwani ambruk,” kata Edi.

Ia menjelaskan, kondisi rumah warga yang roboh saat ini rata dengan tanah. Akhirnya, korban dievakuasi dan kini tinggal di rumah anaknya.

“Masyarakat dibantu dengan perangkat desa dan Babinsa Desa Paledah, bergotong royong untuk membersihkan lokasi kejadian,” ujarnya.

Di samping mengakibatkan ambruknya satu rumah warga akibat terjangan angin puting beliung, juga mengakibatkan genting rumah warga tersebut rusak tak tersisa.

Sementara itu, di lokasi yang sama, pohon mahoni yang berdiri di sepanjang jalan penghubung dengan Dusun Purwasari ini banyak yang roboh.

“Beruntung dalam kejadian ini tidak terdapat korban jiwa. Kami bersama para relawan turut memberikan bantuan sembako untuk korban bencana alam tersebut,” terangnya.

Hingga saat ini, secara gotong royong masyarakat setempat masih membersihkan rumah yang diterjang bencana alam puting beliung.

“Bantuan masih berdatangan dari masyarakat dan elemen pemerintahan,” tandasnya. (Saefullah/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDPRKPLH Ciamis Dorong Pentingnya Edukasi Pengelolaan Sampah Sejak Dini
Artikulli tjetërKampung Nila Kawali Ciamis Terpilih Menjadi Lokasi Pilot Project Program Smart Fisheries Village