BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memiliki banyak potensi wisata alam yang indah, salah satunya yaitu Puncak Batu Walet.

Puncak Batu Walet berada wilayah Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan yang merupakan sebuah bukit batu di pinggir jalan raya Ciamis-Cirebon.

Masyarakat setempat menganggap lokasi ini memiliki potensi wisata. Sehingga pada akhirnya dilakukan penataan untuk menarik wisatawan.

Untuk sampai menuju lokasi ini butuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Ciamis.

Lokasinya dianggap strategis karena berada pada jalur provinsi yang menghubungkan wilayah Priangan Timur dengan kabupaten Cirebon.

Untuk sampai ke puncak ini, pengunjung harus mendaki terlebih dahulu sekitar 250 buah anak tangga.

Meski melelahkan, namun semuanya akan terbayarkan setelah kamu sampai berada di puncak.

Puncak Batu Walet menyuguhkan pemandangan yang mempesona dengan suasana alam yang terasa menyegarkan.

Ketika sampai puncak, kamu bisa melihat hamparan perbukitan dari ketinggian. Melihat indahnya pemandangan wilayah Panawangan Ciamis yang asri dan hijau.

Pengelola Puncak Batu Walet Ciamis, Yayan Suryana mengatakan, cikal bakal adanya tempat wisata ini melihat potensi alamnya.

Selain itu, ide ini juga mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar dan pemilik lahan.

Penataan tempat wisata ini melibatkan para pemuda Karang Taruna Dusun Kondang, Desa Cinyasag Panawangan bersama masyarakat sekitar.

Penataan ini juga sekaligus menghilangkan kesan angker dan mitos mistik yang menyeramkan. Karena dulunya sekitar wilayah ini sempat dikenal sebagai lokasi pembuangan mayat.

Konsep Penataan Wisata Alam Puncak Batu Walet Ciamis

Konsep wisata yang dikembangkan destinasi ini adalah konsep wisata yang up to date.

Menyediakan berbagai spot selfie dan juga beberapa gazebo untuk bersantai. Selain itu juga di Puncak Batu Walet ini akan tersedia komplek perkemahan.

Di lokasi ini juga terdapat gua yang cukup dalam. Konon, gua ini memiliki jarak belasan kilometer.

Selain itu, gua ini juga bisa tembus sampai ke wilayah Gunung Bitung Sukamantri yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

Namun, sampai sekarang misteri gua ini belum terbukti karena belum ada yang berani untuk menelusuri gua tersebut.

Puncak Batu Walet ini kedepannya harapkan menjadi salah satu pilihan wisata alam yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Ciamis ataupun masyarakat dari luar daerah Ciamis.

Dengan begitu, keberadaan tempat wisata ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus memberdayakan para pemuda setempat.

Artikulli paraprakLebaran Momentum Kebangkitan Ekonomi Indonesia
Artikulli tjetërLestarikan Lingkungan, YKAL dan Tirta Investama Cianjur Sosialisasikan Program Desa Ramah Air Hujan (DeRAH)