Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyebutkan program Gelari Pelangi turut berkontribusi bagi pembangunan masyarakat.

Gelari Pelangi merupakan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi.

Menurutnya, salah satu kontribusi pada program tersebut adalah penguatan pada sektor ekonomi dan pendidikan keluarga.

“Maka program ini menjadi penting, turut berkontribusi dalam pembangunan masyarakat Ciamis,” kata Yana saat menghadiri penilaian Tim Rechecking di Desa Kawali, Selasa (18/7/2023).

Yana mengatakan, penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu isu utama yang menjadi fokus pembangunan.

Hal ini menurut yana, karena aspek ekonomi menjadi aspek krusial yang menunjang kehidupan masyarakat.

Yana menuturkan, program Gelari Pelangi merupakan suatu strategi sebagai upaya mengakselerasi kualitas pendidikan dan ekonomi semakin meningkat.

“Tentunya juga dengan pelaksanaan yang terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas dengan bersendikan kearifan lokal,” jelasnya.

Ia pun berharap, implementasi program ini secara berkesinambungan dapat memperhatikan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Sehingga hasilnya pun nantinya dapat masyarkat Ciamis rasakan secara langsung.

“Artinya dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya dapat secara bertahap, berjenjang dan terpadu yang melibatkan semua stakeholder,” jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada OPD yang menjadi mitra untuk senantiasa berkolaborasi dengan PKK agar menghasilkan capaian dan manfaat yang nyata.

“Kepada OPD untuk senantiasa berkolaborasi dengan PKK agar dengan program ini dapat menghasilkan manfaat yang nyata bagi masyarakat Ciamis,” pungkasnya.

Diketahui, untuk lokus pilot project pelaksanaan lomba Gelari Pelangi ini tersebut di 3 desa, yaitu pertama, Kawali (Kampung Mandiri).

Kedua, Desa Winduraja, pilot Project TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan Imbanagara Raya, pilot Project Rumah Dilan (Pendidikan dan Keterampilan) UP2K- PKK dan koperasi PKK. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Klaim Warga di Ciamis Sudah Peduli Terhadap PHBS, Pengelolaan Sampah Jadi Poin Penting 
Artikulli tjetërDPD FK-BPPPN Ciamis Upayakan Nasib Ribuan Honorer Satpol PP