Penyerahan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran di Dusun Pangligaran, RT 02/RW 16, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANEWS.COM – Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) bekerjasama dengan jajaran Kecamatan dan MUI Panumbangan salurkan bantuan sosial.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (3/4/2024) yang bertujuan menyalurkan bansos kepada korban bencana kebakaran salah satunya Siti Aisah warga Dusun Pangligaran, RT 02/RW 16, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Diketahui, bencana kebakaran terjadi pada Rabu, 27 Maret 2024 pukul 12.30 WIB dengan menghabiskan rumah beserta isinya milik Siri Aisah.

Penyebab kebakaran diakibatkan terjadinya konsleting arus listrik yang ada di rumah tersebut dan langsung menghanguskan rumah dengan cepat, apalagi rumah kediaman korban masih berbentuk rumah panggung yang relatif mudah terbakar.

Mendengar informasi adanya korban kebakaran yang menimpa salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang ada di Kecamatan Panumbangan tersebut, Pendamping PKH Kecamatan Panumbangan berkoordinasi dengan pihak kabupaten.

Kemudian juga pemerintahan kecamatan dan berbagai pihak terkait yang ada di kecamatan melakukan inisiasi untuk mengadakan kegiatan pengumpulan bantuan sosial.

Terkhusus kepada korban kebakaran dengan melakukan rapat koordinasi pada hari Senin, 01 April 2024 di Aula Kecamatan Panumbangan.

Lebih lanjut, dalam kegiatan penyaluran bansos korban kebakaran tersebut nampak hadir SDM PKH Kecamatan Panumbangan, Camat Panumbangan beserta staf, Ketua MUI Kecamatan Panumbangan, perwakilan KPM PKH se-Kecamatan Panumbangan dan masyarakat sekitar.

Menurut Pendamping sosial PKH Desa Medanglayang, Yosep Mardiana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh Pelaksana PKH Kecamatan Panumbangan.

“Kami merencana penggalangan dan penyaluran bantuan sosial untuk salah satu korban kebakaran rumah yang menimpa KPM PKH yang ada di Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan,” terangnya.

Kepedulian Warga di Kecamatan Panumbangan 

Camat Panumbangan H. Edy Yulianto mengatakan, bahwa penyaluran bantuan sosial ini merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian dari warga yang ada di Kecamatan Panumbangan.

“Dengan adanya musibah ini menjadi sebuah gambaran agar kita senantiasa waspada dalam kehidupan sehari-hari terkait potensi bencana yang ada di sekitar kita,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua MUI Kecamatan Panumbangan H. Muhamad Nurdin.

Menurutnya, penyaluran bansos ini merupakan kegiatan yang positif dalam rangka memupuk kepedulian sosial kepada seksama apalagi sekarang di bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah dalam kegiatan pengajian bulanan SANGBA (Salasa Ngaji Bareng) yang ada di Kecamatan Panumbangan kami bisa mengumpulkan bantuan kurang lebih Rp. 420.000 walaupun ini mendadak kegiatannya. Terima kasih kepada SDM PKH Kecamatan Panumbangan yang telah menginisiasi bantuan sosial ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut terkumpul bantuan berupa uang dan barang yang berasal dari masyarakat yang ada di Kecamatan panumbangan.

Uang yang terkumpul tersebut sebesar Rp 4.410.000 dan yang berasal dari PKH se-Kecamatan Panumbangan sebesar Rp. 3.690.000., Kas PPKH Kecamatan Panumbangan sebesar Rp. 300.000.

Kemudian dari Jama’ah Pengajian Bulanan SANGBA  Tingkat Kecamatan sebesar Rp. 420.000. Sementara itu bantuan barang yang terkumpul berupa peralatan makan, masak, pakaian dan sembako.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDemokrat Ciamis Segera Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Serentak 2024 
Artikulli tjetërBila Diberi Mandat, Ono Surono Siap Maju di Pilgub Jabar 2024