BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis melalui Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) menyelenggarakan sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi Pilkada 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (18/9/2024) bertempat di Gedung KH. Irfan Hielmy Komplek Islamic Center Ciamis.

Sosialisasi Pilkada ini mengusung tema ‘Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kabupaten Ciamis tahun 2024’.

Turut hadir ratusan orang yang berasal dari lapisan masyarakat, dan seluruh stakeholder setempat.

Acara sarasehan ini dibuka langsung oleh Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna didampingi oleh jajaran Unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan saresehan tersebut agar para peserta memahami akan pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Selain itu juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban sebagai pemilih dan menyampaikan informasi kepada masyarakat lebih luas.

Sebagaimana yang disampaikan Pj. Bupati Ciamis dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak merupakan pertama kalinya.

Apalagi mengingat calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Ciamis hanya satu pasang calon.

“Perlunya pemahaman yang betul-betul kepada masyarakat supaya pada waktunya nanti masyarakat datang ke TPS,” tambahnya.

“Meskipun di Ciamis hanya terdapat satu pasang calon, tetapi partisipasi masyarakat harus di tingkatkan dengan target minimal kita 80% dari DPS yang telah ditentukan,” tuturnya.

Pj Bupati Ciamis Tegaskan ASN Harus Netral 

Selanjutnya, Engkus juga membahas tentang Netralitas ASN dan Kepala Desa yang kebetulan pada kesempatan tersebut hadir para Kepala OPD dan Camat.

Ia menghimbau agar ASN jangan sampai melakukan tindakan yang menunjukan keberpihakan kepada peserta pemilu.

“Uniknya itu disini, para ASN di tuntut untuk netral disamping mereka memiliki hak pilih berbeda dengan TNI dan Polri,” jelasnya.

“Silakan ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan sampaikan juga informasi yang telah diterima kepada keluarga, masyarakat agar pilkada nanti partisipasi masyarakat di Kabupaten Ciamis meningkat,” pungkasnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut yang sekaligus menjadi Pemateri dari KPU Jabar, KPU Ciamis, Bawaslu Ciamis, Akademisi dan tokoh masyarakat lainnya.

(Herdi/PasundanNews.com)