Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna saat mengunjungi stand Kabupaten Ciamis di kegiatan Porsenitas (Pekan Olahraga dan Seni antar Daerah) Kunci Bersama ke-XI tahun 2024 di Kabupaten Cilacap. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Peserta dari berbagai kabupaten/kota yang tergabung dalam Kunci Bersama bisa jajaki produk khas UMKM Ciamis.

Perhelatan Porsenitas (Pekan Olahraga dan Seni antar Daerah) Kunci Bersama ke-XI tahun 2024 ini bukan sebatas ajang olahraga saja.

Melainkan, dalam rangkaiannya berbagai produk UMKM pun turut mejeng dan mewarnai pesta olahraga se kawasan daerah perbatasan tersebut.

Peserta mewakili berbagai daerah diantaranya meliputi Kuningan, Cirebon, Kota Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar, Majalengka, Pangandaran, dan Indramayu.

Berkaitan dengan itu, produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Ciamis adu kualitas dengan produk lainnya.

Seperti halnya beragam kerajinan tangan dan olahan makanan khas Ciamis yang memikat pengunjung dengan keunikan dan kelezatannya.

Menurut Kabid Perdagangan Dinas KUKMP Ciamis, Asep Sulaeman menyampaikan bahwa produk UMKM Ciamis turut berpartisipasi dalam even Porsenitas ke-XI yang berlangsung selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (9-11/7/2024).

Ia menyebutkan, hal ini sebagai wujud komitmen untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan daya saing pelaku usaha.

“Produk-produk yang dipamerkan merupakan hasil karya binaan yang memiliki jiwa berwirausaha dan memanfaatkan potensi daerah,” ujarnya.

Kontingen dan Pengunjung Porsenitas Bisa Jajaki Produk UMKM Ciamis yang Menarik

Kontingen atau peserta maupun pengunjung Porsenitas ke-XI bisa menjajaki keunikan produk UMKM Ciamis yang menarik.

Mulai dari kuliner khas seperti galendo, brolendo, tahu bulat krispi, dan jamur krispy, hingga kerajinan tangan yang memukau seperti lukisan kopi, pot serabut kelapa Ciamis Garden, angklung, dan kerajinan bambu.

Asep Sulaeman menegaskan bahwa Dinas KUKMP akan terus mendukung UMKM Ciamis dengan berbagai program.

Seperti peningkatan promosi dan pemasaran produk, penciptaan iklim usaha yang kondusif, dan penyediaan sarana promosi seperti expo atau pameran produk.

“Kami yakin dengan komitmen dan sinergi bersama, UMKM Ciamis dapat terus berkembang dan bersaing di pasar global,” jelasnya.

Asep pun berharap ke depan pihaknya akan terus mengembangkan potensi produk UMKM Ciamis melalui event-event yang ada.

“Ke depan, event-event seperti Porsenitas ini menjadi ajang untuk semakin meningkatkan promosi produk lokal,” ungkapnya.

Secara terpisah, Pj (Penjabat) Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna berharap di Porsenitas ini para atlet bisa meraih prestasi secara optimal.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai momentum untuk membangun persaudaraan dan memupuk persahabatan di antara ASN.

“Khususnya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat,” jelasnya.

Ia menyampaikan harapannya agar Kabupaten Ciamis dapat meraih gelar Juara Umum dalam Porsenitas tahun ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan semoga kita diberikan kesehatan dan Ciamis bisa meraih juara,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBegini Kronologi Mobil Fortuner Terjun ke Jurang di Pangandaran 
Artikulli tjetërYayasan Ruang Baca Komunitas Kota Banjar Gelar Sosialisasi Program Menulis Cerita Rakyat