Toha Efendi. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Ciamis Jawa Barat telah selesai dilaksanakan secara serentak pada 27 Maret 2022.

Pesta demokrasi tingkat desa di Kabupaten Ciamis ini diikuti oleh sebanyak 25 kecamatan, 76 desa dan 209 calon se Kabupaten Ciamis.

Toha Efendi, salah satu calon kepala desa di Desa Cisaga mendapat suara terbanyak. Mayoritas warga setempat mempercayainya untuk memimpin wilayah tersebut.

Toha Efendi dengan nomor urut tiga berhasil memperoleh sebanyak 2.040 suara, unggul jauh dari dua rivalnya yang hanya peroleh 958 dan 702 suara.

“Alhamdulillah, Allah SWT masih memberikan rezeki berupa amanah kepada saya untuk memimpin Desa Cisaga,” ucap Toha kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).

Toha pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Desa Cisaga, dengan mengedepankan sikap gotong royong.

“Mohon doanya agar tetap diberikan kesehatan dan petunjuk kebaikan dalam mengemban amanah ini. Kita bersama-sama dan bergotong royong membangun desa,” tuturnya.

Menurut Toha, apa yang diraihnya ini adalah buah dari doa dan kepercayaan masyarakat serta dukungan keluarganya.

Toha pun berjanji untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan tersebut. Ia juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat agar selalu kompak dan bergandengan tangan, bersama bangun desa Cisaga.

“Pilkades sudah selesai, tidak boleh ada saling benci kepada siapapun. Saya juga mengajak kepada saudaraku calon kepala desa lainnya untuk bersama-sama memajukan desa kita,” ucapnya.

Bertekad Memajukan Desa Cisaga Semakin Maju dan Mandiri

Toha yang pernah menjabat sebagai Kepala Dusun Cipurut ini bertekad untuk mewujudkan desa Cisaga yang semakin maju dan mandiri.

Lebih lanjut Toha menyampaikan beberapa misi atau program kerja yang akan ia lakukan untuk membangun desa Cisaga.

Seperti penguatan pada norma agama sebagai landasan kehidupan masyarakat. Kemudian peningkatan kapasitas perangkat desa untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

“Saya kira itu hal yang paling mendasar yang menjadi pondasi utama. Kemudian pemenuhan kebutuhan sosial dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan serta kebutuhan dasar lainnya,” terangnya.

Kemudian juga peningkatkan pemberdayaan masyarakat berbasis kebutuhan lokal desa. Optimalisasi BUMDES atau badan usaha milik desa agar lebih produktif dan berkembang.

“Intinya kita akan memanfaatkan semua sumber daya desa yang nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”

Menurutnya, pembangunan desa harus lakukan dengan cara gotong royong. Oleh karena itu, Ia berharap dukungan warga masyarakat untuk sama-sama membangun desa Cisaga lebih baik.

Toha pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat, karena Pilkades Desa Cisaga bisa berjalan aman dan lancar.

“Alhamdulillah Pilkades berjalan aman dan lancar, mulai dari proses tahapan pendaftaran sampai dengan pemungutan suara. Tetap kita menjaga Kamtibmas yang sampai saat ini tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (Suhendra Ismaya/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRatusan Guru di Ciamis Mendapat SK PPPK, Bupati: Harus Punya Integritas dan Kinerja Baik
Artikulli tjetërDPRD Ciamis Sikapi Soal Kinerja ASN Kesehatan yang Mangkir Dari Tugas