Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2020, DPD KNPI Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan diskusi dan penanaman 10 ribu porang.

Kegiatan yang mengambil tema “Ngebon jeung ngawangkong”, “Kebon hejo rakyat ngejo” itu dilaksanakan di area Agrowisata Cibungureun Leuwikeris, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing Ciamis, Rabu (28/10/2020).

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis, Tohirin, S,Pd.I, mengatakan, di momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini, pihaknya bersama pemuda KNPI, DPC PPPN Ciamis dan beberapa organisasi mahasiswa Ciamis menggelar kegiatan “Ngebon jeng ngawangkong” atau diskusi dan penanaman pohon.

“Ini bukti nyata kita para pemuda. Biasanya berkebun atau ngebon itu identik oleh orang yang sudah berusia tua. Padahal, pemuda juga harus bisa berkebun untuk kehidupan di masa depan,” katanya.

Menurutnya, menanam pohon ini merupakan bagian dari sumpah pemuda. Maka fari itu para pemuda jangan malu untuk terjun berkebun. Karena, dengan berkebun bisa menentukan ketahanan pangan di kemudian hari.

“Jangan biarkan ada lahan kosong. Maka kita penuhi lahan dengan sandang pangan. Apalagi di masa pandemi saat ini, ekonomi sangat turun drastis. Maka kita harus memanfaatkan lahan kosong untuk menanam pohon dan sandang pangan,” tuturnya.

Tohirin mengajak kepada seluruh pemuda dan masyarakat agar sama-sama berfikir dan berbuat bagaimana ketahanan pangan bisa tercukupi.

“Kita nanti akan ngawangkong atau diskusi dengan rekan-rekan pemuda dan dari Dinas Pertanian, DPRD, serta akademisi. Sebagai upaya untuk sama-sama memikirkan tentang ketahanan pangan dan kemandirian pangan untuk kehidupan kita dikemudian hari,” terangnya

Artikulli paraprakDukung TNI-Polri, Masyarakat Tatar Sunda Tolak Aksi Anarkisme
Artikulli tjetërBarcalona Tumbangkan Juventus Pada Laga Grup G Liga Champion, Skor 0-2